Roswita : Pemerintah Terus Perkuat Kebijakan Berbasis Kelitbangan

Asisten I Setda Boalemo Roswita Is. Manto
Asisten I Setda Boalemo Roswita Is. Manto

HIMPUN.ID – Asisten I Setda Boalemo Roswita Is. Manto, mengungkapkan, langkah-langkah pemerintah daerah Kabupaten Boalemo, dalam menyikapi dinamika Litbang, dalam proses perencanaan pembangunan Daerah, yakni, terus memperkuat kebijakan pemerintah daerah yang berbasis Kelitbangan.

Hal itu disampaikannya, saat mewakili Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf, membuka workshop Kelitbangan yang dilaksanakan BAPPEDA Boalemo, bertempat di Hotel Ibis Manado, Selasa (16/3/2021).

Penelitian dan Pengembangan Menjadi Dasar

Ia menuturkan, kegiatan penelitian, dan pengembangan, menjadi dasar dalam merumuskan setiap kebijakan, dalam melaksanakan program pembangunan Daerah.

“Ini sesuai dengan peran Litbang dalam tata kelola Pemerintahan, dimana untuk mengindentifikasi setiap permasalahan, baik yang besifat aktual maupun prediktif, yang berkembang di daerah,” jelasnya.

Dikatakannya, permasalahan yang timbul, sering tidak didukung dengan kegiatan penelitian, dan pengembangan.

“Tapi lebih didasarkan pada pembuat kebijakan, atau program,” ungkapnya.

Dijelaskannya, keterlibatan Kelitbangan dalam setiap unsur kegiatan pemerintah, diawali dengan pengimputan penyusunan kebijakan, katalisator pencapaian sasaran, dan mengevaluasi setiap kebijakan, atau program perangkat Daerah.

Terakhir, Asisten I Setda Boalemo, mewakili Plt Bupati Boalemo Anas Jusuf, mengharapkan, kepada peserta workshop kelitbangan, agar dapat mengikuti kegiatan, dengan sebaik-baiknya, guna peningkatan pembangunan daerah Kabupaten Boalemo.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, Kepala Bappeda Kabupaten Boalemo, Andres Adjie, Bappeda Kabupaten/Kotase-Provinsi Gorontalo, dan Perwakilan Pimpinan OPD. (HP)

Advertisement