Sekda Ridwan Hadiri Penyerahan Sertifikat Penghargaan SDGs dari Menteri PDT dan Transmigrasi

Sekda Ridwan Serahkan Sertifikat Penghargaan SDGs dari Menteri PDT dan Transmigrasi
Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, SH., MH., saat berfoto bersama dengan salah satu penerima Sertifikat Penghargaan Utama Menteri PDT dan Transmigrasi, Abduh Halim Iskandar, di Alun-Alun Kantor Desa Deme 2, Kecamatan Sumalata, Sabtu (12/06/2021).

HIMPUN.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, menghadiri penyerahan Sertifikat Penghargaan Utama kepada Kepala Desa Lelato, Mohamad Kifli Pianus, oleh Menteri PDT dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, di Alun-Alun Kantor Desa Deme 2, Kecamatan Sumalata, Sabtu (12/06/2021).

Penyerahan sertifikat itu, sebagai rangkaian agenda kunjungan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, ke bumi Gerbang Emas Kabupaten Gorontalo, Sabtu (12/06/2021).

Dengan didampingi Camat Sumalata, Hj. Osna Haluti. Ridwan Yasin meyaksikan penyerahan sertifikat penghargaan dari Menteri PDT dan Transmigrasi tersebut, sebagai penghargaan atas kesuksesan Kepala Desa Lelato, Mohamad Kifli Pianus, dalam pendataan SDGs (Sustainable Development Goals) Desa sebelum tanggal 01 Juni 2021.

Usai penyerahan sertifikat penghargaan tersebut, Ridwan Yasin menuturkan. Seperti yang disampaikan oleh Bupati Gorontalo Utara, terkait SDGs Desa di Kabupaten Gorontalo Utara telah mencapai 80%, dan sudah dapat dikatakan berhasil.

“Namun ini masih banyak juga yang harus dibenahi, sehingga ini menjadi kerjasama dan tanggungjawab kita semua,” tutur Ridwan saat disambangi sejumlah wartawan.

Tahun 2020 Stunting di Kabupaten Gorontalo Utara Naik

Dijelaskannya, selain persoalan dalam agenda kunjungan menteri itu juga, terungkap pula persoalan stunting di Kabupaten Gorontalo Utara, yang pada tahun 2020 mengalami kenaikan.

“Tadi disampaikan juga masalah stunting. Kalau kita masalah stunting, justru di tahun 2019 dia turun, di tahun 2020 dia naik lebih tinggi, dan yang paling tinggi itu di tempat kunjungan Pak Menteri ini, (Desa Deme 2, Kecamatan Sumalata, red),” jelas Ridwan.

Ia menambahkan, penyebab dari naiknya stunting ini dipengaruhi oleh berbagai aspek, yang terjadi di tengah masyarakat.

“Penyebabnya apa, karena mungkin pola hidup masyarakat yang perlu diperhatikan, dan masyarakat perlu diedukasi untuk betul-betul memperhatikan pola hidup,” tandasnya. (MYP/HP)

Advertisement