Mencengangkan, Ada Temuan Planet Exoplanet Miliki Atmosfer Seperti Bumi

Mencengangkan, Ada Temuan Planet Exoplanet Miliki Atmosfer Seperti Bumi
Foto: Tentang dua asteroid yang mendekati Bumi (NASA). (Ist)

HIMPUN.ID – Mencengkan, planet exoplanet (planet di luar tata surya) yang memiliki atmosfer seperti Bumi, ditemukan.

Penemuan tersebut, diklaim, oleh Sekelompok ilmuwan dari Jet Propulsion Laboratory NASA dan Universtity of New Mexico.

Menggunakan data fotometrik dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), planet ini terdeteksi. Selanjutnya, ditindaklanjuti dengan pengamatan menggunakan Planet Finder Spectrograph (PFS) pada teleskop Magellan Clay di Las Campanas Observatory di Chile.

PFS merupakan instrumen canggih yang mendeteksi exoplanet melalui pengaruh gravitasinya pada bintang induk. Saat planet mengorbit induknya, kecepatan bintang yang diukur bervariasi secara berkala, mengungkapkan keberadaan planet dan informasi tentang massa dan orbitnya.

Planet Diberi nama TOI-1231 b

Planet tersebut diberi nama TOI-1231 b. Planet ini berukuran lebih kecil dari Neptunus dengan periode orbit 24 hari dan mengorbit bintang Katai M di dekatnya. Penelitian ini akan diterbitkan dalam edisi mendatang di The Astronomical Journal.

“Bekerja dengan sekelompok astronom luar biasa yang terbesar di seluruh dunia, kami dapat mengumpulkan data yang diperlukan untuk mengkarakterisasi bintang induk dan mengukur jari-jari massa planet ini,” ujar Penulis utama makalah ini, Jennifer Burt dari JPL NASA, dilansir cnbcindonesia.com, yang dikutip dari Science Daily, Senin (14/6/2021).

“TOI-1231 b sangat mirip dalam ukuran dan kepadatan dengan Neptunus. jadi kami pikir planet ini memiliki atmosfer gas yang sama besar.”

Diana Dragomir, Asisten Profesor di Departemen Fisika dan Astronomi UMN menambahkan meskipun TOI 1231 b delapan kali lebih dekat ke bintangnya ketimbang Bumi ke Matahari, suhunya mirip dengan Bumi berkat bintang induk yang lebih dingin dan kurang terang.

“Namun, planet itu sendiri sebenarnya lebih besar dari Bumi dan sedikit lebih kecil dari Neptunus, kita bisa menyebutnya sub-Neptunus,” ungkap Diana Dragomir.

Belum diketahui apakah TOI-1231 b layak huni seperti bumi. (**)

Sumber : cnbcindonesia.com

Advertisement