Refleksi Kemerdekaan

Refleksi Kemerdekaan
Kikal Dilapanga

Oleh: Kikal Dilapanga

HIMPUN.ID, OPINISecara History Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, terwujud dengan dorongan kaum muda pada saat Peristiwa Bom Hiroshima dan Nagasaki terjadi, dorongan ini dengan maksud untuk mengambil kesempatan Kemerdekaan Indonesia.

Akan tetapi perlu diketahui juga Indonesia merdeka, bukan serta merta negosiasi ataupun mengambil kesempatan, tetapi, tidak lupa juga terhadap Perjuangan para Pahlawan untuk berkehidupan bebas tanpa Penjajahan.

Kemerdekaan Indonesia Berdasarkan UUD

Lebih jelas Kemerdekaan Indonesia berdasarkan pada alinea Ketiga Undang-Undang-undang Dasar 1945 “Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”.

Namun disaat situasi seperti ini kemerdekaan sesungguhnya tidak lagi dirasakan oleh rakyat Indonesia, sering terjadinya Kriminalisasi, Penindasan, serta adanya ketidak berkehidupan yang adil dan makmur.

Dengan menjelangnya hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Saya (Kikal Dilapanga) mengharapkan kehidupan yang adil makmur, sesuai Undang-Undang Dasar 1945 alinea kedua “Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Jelaslah ketika Indonesia Merdeka maka kita telah bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Sebagaimana juga tujuan HMI “Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di ridhoi Allah Subhanahu Wa ta’ala”.

Maka saya selaku kader HMI mengajak seluruh Kader HMI, dan Pemuda khususnya yang berada di Wilayah Gorontalo bersiap untuk menegakkan Keadilan, dan mencapai Kemakmuran Rakyat Indonesia terutama Masyarakat Gorontalo.

Catatan : Tulisan ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis

(Info: himpun.id menerima kontribusi tulisan dengan berbagai tema. Rubrik tulisan yang dapat di kirim yakni Opini, Resensi, Cerpen, dan Puisi)

Advertisement
Artikulli paraprakDi Pohuwato, Pria Asal Kota Batam Ini Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Kontrakan
Artikulli tjetërHUT RI ke-76, Anas Harap Dijadikan Momentum Bersatu Membangun Boalemo