SMAN 1 Paguyaman Pantai Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

SMAN 1 Paguyaman Pantai Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan
Pelaksanaan upacara bendera, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021, di Halaman Sekolah SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. (Foto: Rihol Igirisa)

HIMPUN.ID – Pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Paguyaman Pantai, menggelar upacara bendera, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021, di Halaman Sekolah.

Pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tersebut, dirangkaikan dengan acara vaksinasi massal yang digelar Pemerintah Desa bekerjasama dengan Puskesmas Paguyaman Pantai, Rabu 10 November 2021.

Kegiatan dihadiri langsung Camat Paguyaman Pantai Steve Dj Ahliki S.Stp., serta Kepala Desa Marlina Ali.

Dalam sambutannya Camat Paguyaman Pantai, Steve Dj Ahliki, menyampaikan, sangat mengapresiasi pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 di SMAN 1, yang secara keseluruhan sudah mewakili pelaksanaan hari pahlawan tingkat kecamatan.

“Dan ucapkan terimakasih saya, kepada bapak ibu, terutama tenaga pendidik yang ada di SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai, kerena telah menggagas kegiatan peringatan hari pahlawan, dan juga melaksanakan vaksinasi massal,” ucap Steve.

Sambutan Camat Paguyaman Pantai Steve Dj Ahliki S.Stp, pada pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan, yang dilaksanakan di SMAN 1 Paguyaman Pantai.

Hari Pahlawan Menjadi Spirit dan Motivasi

Advertisement

Steve berharap, peringatan hari pahlawan dijadikan spirit, dan motivasi bagi semua pihak.

“Tentunya di hari pahlawan ini menjadi spirit bagi kita, motivasi bagi kita, bukan lengah terhadap perjuangan yang berlalu, namun dengan kehidupan sekarang, dengan perkembangan sekarang kita pun dituntut untuk dapat berjuang mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia,” harap Steve.

Terakhir, ia juga memantau jalannya vaksinasi di halaman sekolah yang di ikuti oleh Siswa-siswi, umur 12-18 tahun, dan juga masyarakat setempat.

Suasana pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan, di SMAN 1 Paguyaman Pantai.

Hari Pahlawan Bagian dari Sejarah Indonesia

Di tempat terpisah, Adnan Una, S.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah bagian Humas menambahkan, disetiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan.

“Dan hari pahlawan ini salah satu bagian dari sejarah, dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.

“Hari Pahlawan mengingatkan kita akan semangat juang rakyat Indonesia, dalam memperjuangkan kemerdekaan kita, di momentum ini juga kita bisa menggali lagi jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului kita,” ucapnya.

Lanjut, kata Adnan, pelaksanaan hari pahlawan ini menjadi salah satu gagasan untuk Siswa-siswi, untuk menggali lagi sejarah-sejarah yang tak pernah terlupakan.

“Mungkin dengan adanya pelaksanaan hari-hari besar ini, seperti Hari Pahlawan kita akan bangkitkan kembali ke siswa, dimana jasa-jasa para pahlawan tersebut disaat merebut kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Camat Paguyaman Pantai memantau pelaksanaan Vaksinasi Massal.

Terpantau, usai pelaksanaan memperingati Hari Pahlawan, Siswa-siswi bersama masyarakat, melaksanakan vaksinasi massal yang digelar oleh Pemerintah Desa, bekerja sama dengan Puskesmas Paguyaman Pantai.

“Dalam pelaksanaan momentum yang bersejarah ini, kami laksanakan hanya sederhana saja, dengan ketentuan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang sudah dianjurkan oleh pemerintah daerah, dan Pemerintah Desa bersama Puskesmas Paguyaman Pantai melaksanakan vaksinasi massal di lingkungan SMAN 1 Paguyaman Pantai,” kata Adnan.

Adnan berharap momentum-momentum yang bersejarah ini, akan menumbuhkan semangat baru kepada seluruh Siswa-siswi, yang melaksanakan.

“Jangan pernah melupakan jasa-jasa parah pahlawan, karena sesuai dengan ‘JASMERAH’ kata-kata Seokarno ‘jangan sekali kali melupakan sejarah’, itu yang akan kita tanamkan ke siswa supaya mereka tidak akan pernah melupakan sejarah, bagaimana pejuang-pejuang kita dahulu, dengan tetesan darah berkorban untuk merebut kemerdekaan yang sekarang ini kita nikmati,” pungkasnya.

Reporter: Rihol Igirisa

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here