Makanan yang Diam-diam Menyakiti Otak Anda

Makanan yang Diam-diam Menyakiti Otak Anda
Makanan yang Diam-diam Menyakiti Otak Anda, Ilustrasi otak Pixabay/Gerd Altmann

HIMPUN.ID – Menjaga kesehatan otak sangat penting untuk semua.

Sabab mimiliki otak yang sehat akan sangat membantu diri sendiri.

Untuk menjaga kesehatan otak, kita perlu memperhatikan, hal-hal yang dapat merusaknya, dan apa yang bisa menyehatkan otak.

Anda mungkin pernah mendengar tentang makanan pintar yang meningkatkan IQ Anda, tetapi tahukah Anda bahwa beberapa pilihan yang kurang sehat sebenarnya dapat menguras otak Anda?.

Nah berikut ini, makanan yang diam-diam menyakiti otak anda, dikutip himpun.id dari thehealthy, Sabtu 15 Januari 2022 :

Baca juga:Khasiat Jambu Biji Merah untuk Diet

Advertisement

1. Gula

Bukan rahasia lagi bahwa kelebihan gula tidak terlalu manis untuk kesehatan Anda, tetapi sekarang penelitian baru menunjukkan bahwa hal itu dapat berdampak buruk pada otak Anda serta lingkar pinggang Anda.

Dalam satu penelitian hewan, peneliti UCLA menemukan bahwa tikus yang diberi larutan fruktosa mengalami kesulitan menavigasi labirin, tanda belajar dan kehilangan memori yang melambat, dibandingkan dengan kelompok tikus kedua yang diberi larutan fruktosa serta asam lemak omega-3, yang dianggap memiliki efek meningkatkan otak.

Para peneliti menduga bahwa diet fruktosa saja menurunkan aktivitas otak karena mempengaruhi kemampuan insulin untuk membantu sel-sel otak menggunakan gula untuk memproses pikiran dan emosi.
Asam lemak omega-3 tertentu dapat melindungi otak dari efek berbahaya fruktosa.

Meskipun penelitian ini masih awal, itu hanya saran kesehatan umum yang baik untuk meminimalkan asupan gula tambahan dan meningkatkan konsumsi makanan yang kaya omega-3, termasuk kenari, salmon, biji rami dan kedelai untuk makanan Anda.

2. Diet soda

Maaf, tetapi beralih ke pemanis buatan mungkin tidak membantu kasus Anda. Sebuah studi tahun 2017 di jurnal Stroke mengamati pola diet dan insiden stroke dan demensia pada lebih dari 4.300 peserta.
Lebih dari sepuluh tahun, mereka yang minum paling banyak pemanis buatan—tetapi tidak dengan pemanis gula—paling mungkin didiagnosis dengan demensia.

Karena tidak mungkin untuk membuktikan bahwa hubungan tersebut disebabkan oleh minuman dan bukan sumber lain—misalnya, mereka yang menderita diabetes mungkin lebih cenderung menggunakan pemanis buatan—penelitian harus dilakukan dengan sebutir garam (atau gula).

Baca juga:Dirundung Gelisah? Buya Yahya: Sesungguhnya yang Kurang adalah Keyakinan Akan Kuasa Allah

Namun, dipasangkan dengan efek soda yang tidak sehat ini (termasuk diet) , penelitian ini hanyalah satu alasan lagi untuk menukar soda Anda dengan air soda.

3. Makanan yang dipanggang

Bukan hanya gula yang perlu Anda khawatirkan. Dalam sebuah studi tahun 2015 , orang dewasa yang melaporkan makan paling banyak lemak trans per hari mengalami kesulitan mengingat kata-kata yang mereka lihat dalam tugas memori.

Pada musim panas ini, sebagian besar produk akan diminta untuk menghilangkan lemak trans dari resep mereka (dan sebagian besar perusahaan telah menghentikannya), tetapi lemak trans mungkin masih bersembunyi di dapur Anda.

Periksa label nutrisi, terutama pada frosting yang stabil di rak dan makanan olahan lainnya, untuk memastikan Anda sudah bersih. Tapi makanan penutup tidak semuanya berita buruk: Penelitian menunjukkan cokelat baik untuk otak Anda .

4. Daging merah dan mentega

Diet tinggi lemak jenuh “jahat” dapat merusak fungsi otak, menurut penelitian Harvard yang diterbitkan dalam Annals of Neurology . Ketika peneliti mempelajari kebiasaan makan dan menguji fungsi otak dari 6.000 wanita selama rata-rata empat tahun, mereka menemukan wanita yang makan paling banyak lemak jenuh mendapat skor lebih rendah pada tes fungsi otak dan memori.

Di sisi lain, wanita yang paling banyak makan lemak tak jenuh tunggal (ditemukan dalam makanan seperti minyak zaitun dan alpukat) memiliki skor yang lebih tinggi.

Anda tidak perlu menghindari sumber lemak jenuh sepenuhnya, tetapi pilihlah produk hewani versi rendah atau tanpa lemak, seperti keju, yogurt, dan susu. Hindari daging olahan, seperti bacon, dan pertahankan potongan tanpa lemak.

Dapatkan lebih banyak protein dari sumber nabati, seperti kedelai dan kacang-kacangan, plus tukar dengan yang lain.

5. Keripik, pizza, dan junk food lainnya

Akankah junk food merusak otak anak-anak? Sebuah penelitian di Inggris tahun 2011 terhadap hampir 4.000 anak menemukan bahwa mereka yang makan terutama junk food (banyak makanan olahan dan cepat saji) pada usia tiga tahun mengalami sedikit penurunan IQ lima tahun kemudian dibandingkan dengan anak-anak yang makan makanan yang lebih sehat.

(Dan hubungan tetap ada setelah peneliti memperhitungkan variabel pengganggu, seperti status sosial ekonomi dan pendidikan orang tua.)

Baca juga:Pemda Boalemo Seriusi Persoalan Blankspot

Pilihan diet awal tampaknya mempengaruhi kemampuan verbal anak-anak, menurut Time. Studi ini menunjukkan bahwa pilihan diet cerdas mungkin sangat penting selama tahun-tahun awal perkembangan otak yang cepat.

Mungkin sulit untuk membuat anak muda pemilih makanan untuk makan makanan sehat, tetapi ingatlah bahwa anak-anak membutuhkan paparan berulang (kadang-kadang belasan kali atau lebih) untuk “menyukai” makanan baru.

Jadi jangan mudah menyerah! Dan banyak favorit anak klasik, seperti keju string dan yogurt, dibuat untuk camilan sehat alih-alih kue dan keripik olahan.

5. Gusi

Apakah meniup gelembung itu meningkatkan atau menghancurkan kekuatan otak Anda? Di sini, penelitian dicampur.

Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini yang diterbitkan dalam Quarterly Journal of Experimental Psychology menemukan bahwa mengunyah permen karet selama latihan menghafal mengganggu ingatan jangka pendek peserta.

Para peneliti percaya tindakan mengunyah dapat menghalangi konsentrasi pada tugas memori (Dalam hal ini, peserta diminta untuk mempelajari urutan item dalam daftar) Temuan ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya, yang menemukan hubungan positif antara mengunyah permen karet dan tugas-tugas mental.

Karena hasil studi yang beragam, Anda mungkin tidak ingin meludah dulu.

Baca juga:PSC Diresmikan, Hamim Harap Masyarakat Manfaatkan untuk Mendapatkan Layanan Kesehatan

Tetapi pastikan untuk memasukkan kebiasaan lain yang meningkatkan otak dalam rutinitas harian Anda, seperti minum air putih (dehidrasi dapat memengaruhi fokus dan ketajaman), banyak tidur, dan bermain game otak.

6. Diet rendah karbohidrat

Maaf, diet ketogenik: Menghindari karbohidrat dapat melemahkan kekuatan otak (bersama dengan energi dan suasana hati).

Sebuah studi kecil di Universitas Tufts terhadap 19 wanita antara usia 22 dan 55 menemukan bahwa ketika pelaku diet menghilangkan karbohidrat, mereka menunjukkan penurunan bertahap dalam keterampilan kognitif (terutama pada tes yang berhubungan dengan memori) dibandingkan dengan kelompok yang tetap menjalani diet rendah kalori yang termasuk karbohidrat.

Karbohidrat tidak jahat—tubuh Anda membutuhkannya untuk banyak fungsi penting, termasuk mengisi bahan bakar otak Anda.

Jadi hindari diet yang menghilangkan atau sangat membatasinya, dan pilih pilihan yang sehat, seperti pasta dan roti gandum utuh, beras merah, dan quinoa.

7. Garam

Anda sudah tahu natrium bisa mendatangkan malapetaka pada sistem pembuluh darah Anda, tapi itu hanya awal dari masalah garam.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa orang Kanada yang lebih tua yang makan paling banyak garam dan tidak berolahraga mengalami penurunan kognitif lebih cepat daripada rekan-rekan mereka yang rendah garam, yang benar-benar membaik dari waktu ke waktu.

Baca juga:Kadispar Optimis ‘I Look Boalemo-Gorontalo Mart And Festival’ Mampu Tingkatkan PAD

Dan itu mungkin tidak hanya terkait dengan aliran darah. Peneliti Weill Cornell Medicine memberi makan tikus delapan hingga sepuluh kali lebih tinggi daripada yang biasanya dimakan tikus, yang “sebanding dengan spektrum konsumsi garam manusia yang paling tinggi.”

Bahkan ketika garam tidak mempengaruhi tekanan darah mereka, tikus yang makan paling banyak garam kehilangan kemampuan mereka untuk menemukan jalan melalui labirin dan akhirnya berhenti merespons secara normal, menurut hasil di Nature Neuroscience.

Untuk menjaga otak dan tubuh Anda tetap sehat, konsumsilah kurang dari 2.300 miligram garam per hari.

8. Alkohol

Tentu, Anda mungkin membiarkan beberapa hal bodoh keluar saat Anda mabuk, tetapi minum alkohol dalam jumlah sedang pun bisa melukai otak Anda.

Sebuah studi BMJ 30 tahun menemukan bahwa orang dewasa yang minum 14 hingga 21 unit alkohol (sekitar tujuh hingga sepuluh porsi, tergantung pada ukuran dan kekuatan minuman) lebih mungkin mengalami penurunan hipokampus — bagian otak yang terkait, dengan memori jangka panjang—dibandingkan mereka yang minum lebih sedikit. Peminum berat berada pada risiko yang lebih besar.

Baca juga:Wujudkan Kawasan Industri Pangan di Gorontalo, RG Gaet Investasi Perusahaan Turki

Studi ini hanya menunjukkan hubungan dan tidak membuktikan minum menyebabkan penurunan kognitif; sementara itu, penelitian lain telah menghubungkan minum moderat dengan manfaat kesehatan seperti risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Intinya: pertimbangkan risikonya sebelum Anda meminumnya.

Sumber: thehealthy

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini