30.1 C
Jakarta
Minggu, April 14, 2024

Buy now

Anas Sebut ‘Program Sekolah Penggerak’ Mampu Tingkatkan Kualitas Peserta Didik

HIMPUN.ID – Bupati Boalemo Anas Jusuf, menyebut program sekolah penggerak mampu menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran yang relevan, sehingga berdampak baik pada peningkatkan kualitas peserta didik.

Hal tersebut, disampaikannya, saat menerima kunjungan kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LMPM) Provinsi Gorontalo Amin Nusi, dalam agenda audiens, terkait persiapan pelaksanaan “Program Sekolah Penggerak” di Kabupaten Boalemo, Selasa 11 Januari 2022.

Anas Harap Lulusan Sekolah Penggerak Siap Berkompetisi

Bupati Anas menambahkan bahwa, “Program Sekolah Penggerak” adalah terobosan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) yang bertujuan untuk memfokuskan sistem pendidikan kepada masing-masing siswa.

“Saya berharap, kedepan lulusan dari sekolah penggerak tersebut, akan lebih siap berkompetisi dan bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada diseluruh Indonesia,” beber Bupati Anas.

Program Sekolah Penggerak Merupakan Program Turunan

Advertisement

Sementara itu, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LMPM) Provinsi Gorontalo Amin Nusi, menyampaikan, “Program Sekolah Penggerak” merupakan program turunan dari kebijakan merdeka belajar.

Baca juga:Polda Gorontalo Limpahkan Berkas Perkara Investasi FX Family ke Kejati

Dimana menurut Amin, program tersebut mengusung pembentukan profil pelajar pancasila, yang dicapai melalui indikator siswa.

“Sehingganya, untuk mewujudkan profil pelajar pancasila ini, maka itulah yang menjadi tugas dan tanggung jawab sekolah penggerak,” beber Amin Nusi.

Visi Program Sekolah Penggerak

Untuk diketahui, “Program Sekolah Penggerak” adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Dimana Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya.

Baca juga:Bupati Anas Tekankan Pentingnya Management Profesional untuk Semua OPD

Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju.

Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Reporter: Arten Masiaga
Advertisement

Advertisement