23.5 C
Jakarta
Minggu, Juni 16, 2024

Buy now

Bahas Peningkatan Mutu Guru, Dikpora Boalemo Gelar Audiens Bersama LPMP Gorontalo

HIMPUN.ID, Boalemo – Dalam rangka peningkatan mutu guru dan mensinergikan pelaksanaan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) di daerah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Boalemo menggelar audiens bersama tim Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Gorontalo.

“Tadi siang, kami pihak Dikpora Boalemo bersama LPMP Provinsi Gorontalo, membahas tentang peningkatan mutu guru yang perlu didorong oleh daerah,” kata Sekretaris Dinas Dikpora, Suharto Ismail, Rabu 2 Maret 2022.

Sinergitas Program Kemendikbudristek dan Dikpora Boalemo

Suharto menuturkan, hal lain yang disentil pada audiens tersebut, tidak lain membahas tentang persoalan Tim Koordinasi LPMP, yang mensinergikan program Kemendikbudristek dan Dikpora Kabupaten Boalemo.

“Disamping itu, pembahasan lainnya yakni tentang sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), dimana sosialiasasi pelaksanaan ANBK akan dilaksankan keseluruh satuan pendidikan pelaksana ANBK, di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Boalemo,” kata Sekdis Suharto.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha LPMP Provinsi Gorontalo Doni Punu mengatakan, LPMP Provinsi Gorontalo, sebagai unit pelaksana teknis Kemendikbudristek, diminta untuk bersinergi dengan daerah dalam hal perencanaan dan pengembangan pendidikan tahun-tahun berikutnya.

Baca Juga: Soal Tindak Pidana Penyerobotan Tanah, Ini Penjelasan Adnan Parangi

“Sehingga perencanaan pendidikan dan pengembangan peningkatan mutu pendidikan yang ada di daerah, bersinergi dengan rencana jangka panjang dari Kemendikbudristek,” terang Doni.

Sekolah Penggerak, ANBK, dan Rapor Pendidikan

Doni menjelaskan, dalam hal peningkatan mutu Pendidikan, ada beberapa agenda yang akan disinkronisasikan atau disinergikan, yaitu sekolah penggerak, ANBK, dan Rapor pendidikan.

Baca Juga: 5 Truck Diduga Muat Batu Hitam Diamankan Polisi

“Sekolah penggerak ini lebih meningkatkan mutu pendidikan dengan memperoleh hasil belajar siswa yang kita kembangkan melalui Kementerian untuk disinergikan dengan pemda khususnya dinas pendidikan,” kata Doni.

Doni menyampaikan, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) mengukur atau melihat penilaian hasil assessment dari profil satuan pendidikan yang akan menjadi perencanaan-perencanaan pendidikan khususnya di sekolah di satuan pendidikan.

“Sementara untuk rapor pendidikan ini ada 2, yaitu profil pendidikan dan rapor pendidikan untuk daerah.
Doni menuturkan, sebuah daerah dalam merencanakan pengembangan pendidikan atau peningkatan mutu pendidikan di daerahnya, harusnya berbasis data.

LPMP Provinsi Gorontalo Mendorong Pengembangan Pendidikan di Boalemo

“Kita juga saat ini mendorong pemerintah daerah, dalam hal ini badan perencanaan daerah (Bappeda) dalam merencanakan pengembangan pendidikan di daerah, terkait rapa- rapat koordinasi teknis perencanaan pengembangan pendidikan di daerah,” pungkas Doni. (Adv)