27.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Bidang PAUD dan PNF Menjadi Link Sektor Pencegahan Stunting di Boalemo

HIMPUN.ID, Boalemo – Salah satu bidang di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Boalemo, menjadi link sektor yang dilibatkan dalam penanganan pencegahan stunting di Kabupaten Boalemo.

Bidang tersebut, yakni bidang pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan non formal (PNF).

“Ada beberapa bidang di setiap dinas maupun OPD yang terlibat langsung untuk melakukan penanganan dan pencegahan stunting. Di Dikpora itu sendiri, yakni bidang PAUD dan PNF yang menjadi ujung tombak dinas pendidikan ataupun stakeholder yang dilibatkan untuk penanganan stunting ini,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boalemo Irwan Dai, Selasa 15 Maret 2022.

Pengetahuan Tentang Stunting Sangatlah Penting

Dijelaskan Irwan, pengetahuan mengenai pencegahan stunting, bagi guru PAUD sangatlah penting.

Hal ini, tidak lain  dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal khususnya dalam hal penanganan stunting sejak perkembangan anak usia dini.

Guru Paud Garda Terdepan Dalam  Menangani Stunting

“Peran guru PAUD sangat penting, sebagai garda terdepan dalam rangka untuk penanganan stunting, sebab langsung berhadapan dengan murid yang berada di sekolah masing-masing,” ungkap Irwan.

Stunting Penyebab Utamanya Adalah Asupan Gizi

Dituturkan Irwan, masyarakat pada umumnya menganggap pertumbuhan fisik sepenuhnya dipengaruhi faktor keturunan.

Pemahaman itulah, lanjut Irwan, yang kerap menghambat sosialisasi pencegahan stunting, yang semestinya dilakukan dengan upaya mencukupi kebutuhan gizi sejak anak dalam kandungan hingga usia dua tahun.

“Anak stunting penyebab utamanya adalah asupan gizi. Oleh karenanya, kekurangan gizi pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bersifat permanen dan sulit diperbaiki,” ungkap Irwan. (Adv/Arten)