27.8 C
Jakarta
Rabu, Juli 24, 2024

Buy now

Cegah Banjir, MFIGU Gandeng Kambers Lakukan Aksi Mitigasi di Monano

HIMPUN.ID – Komunitas Maxi Family Insdonesia Gorontalo Utara (MFIGU), bekerjasama dengan Komunitas Kabungu Beresi (Kambers), melakukan kegiatan aksi mitigasi bencana banjir dan longsor, di Desa Monano, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (13/03/2021).

Kegiatan yang turut dihadiri oleh unsur TNI/Polri dan beberapa instansi terkait itu, melakukan penanaman pohon di Desa Monano, untuk kembali melestarikan lingkungan, sekaligus mengantisipasi terjadinya bencana alam, seperti banjir dan longsor.

Ketua MFIGU Riyan Mantulangi, saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut menjelaskan, belajar dari musibah bencana alam banjir yang kerap melanda Kecamatan Monano dan sekitarnya, pihaknya berinisiatif untuk menggelar kegiatan tersebut.

“Kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu di Kecamatan Monano, ada beberapa desa yang terendam banjir. Belajar dari peristiwa itu, MFIGU berinisiatif untuk melakukan penaman pohon, agar kedepan pohon tersebut bisa bermanfaat bagi orang banyak. Selain untuk mencegah terjadinya banjir, pohon ini juga bisa untuk mencegah terjadinya longsong, karena dalam satu pohon, bisa menyerap 10 liter air,” ungkapnya.

Dukungan dari Sekda Ridwan, Terlaksana Kegiatan

Dikatakannya, kegiatan itu dilaksanakan tak lepas dari dukungan penuh, dari Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, H. Ridwan Yasin, serta Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Gorontalo Utara, bersama jajarannya.

“Terimakasih tak terhingga kami haturkan kepada Sekda Gorut Ridwan Yasin, yang juga selaku Pembina MFIGU, Kepala BNN Gorut yang dari awal telah mensuport kegiatan kami. Ini membuktikan, bahwa beliau berdua selalu menyambut baik semua kegiatan yang berhubungan dengan kepentingan, dan kemaslahatan masyarakat Gorontalo Utara,” kata Riyan.

Selanjutnya, ia mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung, dan membantu terselenggaranya kegiatan tersebut, sehingga kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

“Terimakasih kepada seluruh jajaran TNI/POLRI, Dinas Kehutanan, BNN dan Pemerintah Daerah, Kecamatan, Desa, serta masyarakat yang telah ikut ambil bagian pada kegiatan penanaman pohon ini. Sungguh merupakan kebanggaan besar bagi kami, karena Bapak dan Ibu semua bersedia menghadiri kegiatan ini. Terima kasih pula kepada semua pihak yang selalu mensponsori kegiatan sosial kami selama ini,” tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan itu, Kasi Ter Kodim 1314 Gorontalo Utara, Kanit Yaksa Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo Utara, Kapolsek Anggrek, jajaran BNN Gorontalo Utara, UPT Kehutanan, Camat Monano beserta jajarannya, dan pihak Pemerintah Desa Monano. (MYP/HP)

Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia