27.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Hamim Pou Resmikan Kebun Hidroponik Budidaya Tanaman Kailan

HIMPU.ID – Bupati Kabupaten Bone Bolango, Hamim Pou, meresmikan Kebun Hidroponik Budidaya Tanaman Sayur Kailan, di Desa Lomaya, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (23/1/2021).

Pengresmian ini ditandai dengan pemotongan pita pada Green House yang ditanami sayur Kailan.

Bupati Kabupaten Bone Bolango, Hampim Pou usai melaksanakan pengresmian menyampaikan, sangat mengapresiasi langkah-langkah masyarakat dalam mengembangkan budidaya tamana hidroponik, dan juga akan mendukung dalam pengembangan tanaman hidroponik.

“Saya sangat mengapresiasi langkah yang masyrakat lakukan ini, dalam hal membudidayakan tanaman hidroponik, dan tentunya juga Pemerintah Daerah akan mendukung sepenuhnya, dan memiliki komitmen yang kuat dalam pengembangan kebun-kebun hidroponik,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam pembudidayaan tanaman hidroponik kailan tersebut, semua mengunakan organik, karena sistem pertanian hidroponik yang menggunakan air ini, sebagai media tanam tak akan mencemari lingkungan. Oleh sebab itu, organik menghasilkan produk yang sehat dan ramah lingkungan, karena bebas bahan kimia, seperti pestisida.

“Taman hidroponik ini mengunakan organik, karena media tanamannya memakai paralon kita dengan air yang lebih efesien, kemudian hasil panennya juga lebih cepat, yakni 2 Bulan sudah bisa di panen, dengan harga yang sangat bagus, semua tidak mengunakan organik, sperti pupuk bahan kimia dan lain-lainnya,” jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan, untuk permintaan harga pasar terhadap produk organik ini sangat tinggi, oleh sebab itu Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango akan melanjutkan pengemabangan pembudidayaan tanaman hidroponik kedepannya.

“Mengingat produk orgnanik ini sangat tinggi permintaan pasar, jadi akan kita bagung lagi Green House ini di Wilayah Kabupaten Bone Bolango, bahkan tahun ini ada anggrannya sekitar 2 miliar untuk kita anggarkan dalam pengembangan kebun hidroponik ini,” terangnya.

Diakhir kata, ia berharap dalam pengembangan tanaman hidroponik ini, bisa menjadi suatu ajakan untuk masyrakat, bagaimana mendorong mereka dalam mendapatkan pekerjaan yang mudah, dan tentunya ini juga akan memberdayakan semua masyarakat ksusunya para petani.

“Pengemabangan tamana hidroponik ini ajakan untuk seluruh warga untuk pemberdayaan, kita harus mengurangi untuk meminta-minta, dengan adanya kegiatan ini kita akan dorong masyarakat untuk berdaya, kita akan beri modal usaha berikan kerja, agar mereka punya pendapatan dan bisa meningkatkan kesajataraan keluarga mereka sendiri,” pungkasnya.

Sementar itu, Kepala Dinas Pangan Safri Puili menambahkan, dengan pengembangan hidroponik ini di Wilayah Kabupaten Bone Bolango, akan memberikan nilai dari segi ekonomi yang tinggi, bagi masyarakat dalam mengelolah tanaman hidroponik .

“Allhamdulillah hari ini Bupati meresmikan kebun hidroponik, dan juga Bupati meminta agar menggalakan untuk ketersediaan pangan dan gizi, dan tentunya ini akan memberikan masyarakat ekonomi yang tinggi sehingganya perlu dikembangkan untuk memberdayakan masyarakat saat ini,” tutupnya.

Reporter : Rihol Igirisa