33.9 C
Jakarta
Jumat, Juni 21, 2024

Buy now

Hari Anti Korupsi Sedunia, Alexander Tegaskan Lawan Korupsi di Tanah Papua

HIMPUN.ID – Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia, Koordinator Aksi Solidaritas Pemuda Lawan Korupsi (SPLK) Alexander Gobai, menegaskan semua pihak untuk melawan korupsi di Tanah Papua.

Hal itu disampaikannya saat diwawancarai himpun.id, usai melakukan audiens bersama Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), di ruang pertemuan Komisi Lantai 4, Kamis 9 Desember 2021.

Alexander Gobai menuturkan, saat ini korupsi sudah berakar dimana-mana.

“Maka harapan kami sebagai pemuda anti korupsi, meminta yang menjadi pejabat publik, pejabat politik untuk sama-sama melawan korupsi,” pinta Alexander.

Korupsi Musuh Bersama

Dikatakan Alexander, korupsi adalah musuh bersama, hal-hal menjadi indikasi korupsi, harus dilawan.

“Maka demi mengedepankan kejujuran, kehadiran kami dalam momentum Hari Anti Korupsi Sedunia ini, juga merupakan kampanye lawan korupsi di tanah papua, dan upaya kami pemuda membangun kesadaran bagi generasi,” terangnya.

Tuntutan Solidaritas Pemuda Lawan Korupsi

Alexander mengungkapkan, momentum peringati Hari Anti Korupsi Sedunia, Solidaritas Pemuda Lawan Korupsi (SPLK) menyampaikan beberapa tuntutan, pertama, siapapun yang bekerja di Tanah Papua, Stop Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Mari bersama-sama selamatkan pemimpin papua, dan bangun papua dengan hati nurani,” harapnya.

Kedua, mengutuk dan mengecam keras tindakan serta praktek-praktek Korupsi Kulusi dan Nepotisme, yang dilakukan secara sadar, maupun tidak sadar oleh siapapun yang sedang berkarya di Cendrawasih Papua.

Baca juga:5 Tanaman Hias Berkhasiat Obat, Salah Satunya Kumis Kucing

Ketiga, mendukung dan mengapresiasi lembaga-lembaga, seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“dan sebagainya yang selalu aktif memeriksa, mengaudit, serta melaporkan Pengelolaan Keuangan di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Papua,” ungkapnya.

Keempat, mendukung semua kebijakan pemerintah yang bebas dari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) di seluruh tanah papua pada khusunya, dan di Indonesia pada umumnya.

Kedatangan SPLK Disambut Baik Anggota DPRP

Sementara itu, kedatangan para pemuda anti korupsi ini, diterima dua Anggota DPR Papua, Elvis Tabuni dari fraksi partai berkarya, dan Laurenzus Kadepa dari Nasdem.

Baca juga:Siapa Sangka, Banyak Manfaat Buah Cermai, Yuk Lihat!

Laurenzus Kadepa menuturkan, sangat mengapresiasi kedatangan pemuda dan mahasiswa di DPRP.

“Kami DPRP menyampaikan terimaksih dan apresiasi sangat tinggi kepada pemuda, dan juga mahasiswa yang tergabung dalam Pemuda Lawan Korupsi, yang sudah datang menyampikan aspirasi kepada kami,” jelasnya.

Elvis Tabuni, dalam penyampaiannya mengatakan, korupsi telah mendarah daging di Indonesia, sehingga korupsi merajalela dimana-mana.

“Penyakit korupsi ini penting untuk diatasi oleh semua pihak, terutama lembaga lembaga resmi,” katanya.

Reporter: Ferdinan Fernando Asso