30.1 C
Jakarta
Sabtu, April 13, 2024

Buy now

Pengajar Muda Hadir di Boalemo, Irwan Yakin Berdampak Pada Percepatan Mutu Pendidikan

HIMPUN.ID, BOALEMO – Tenaga Pengajar Muda (PM) Indonesia yang direkrut, dilatih dan dikirim oleh yayasan Indonesia Mengajar (IM) ke seluruh daerah pelosok Indonesia, kini hadir di Kabupaten Boalemo.

Kehadiran generasi muda yang notabene adalah para sarjana yang berasal dari berbagai disiplin ilmu tersebut, diharapkan mampu membawa hal positif, terutama dalam hal percepatan mutu pendidikan di Kabupaten Boalemo.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boalemo Irwan Dai, saat diwawancarai, Rabu 23 Februari 2022.

“Pada hari ini ini kami menerima tamu dari Pengajar Muda Indonesia. Pengajar Muda Indonesia ini adalah program nasional melalui Yayasan Mengajar Indonesia, dimana dalam proses perekrutan melalui seleksi yang ketat. Jadi mereka ini bukan dari guru saja, tapi mereka berasal dari basic ilmu yang dibekali dan dibimbing selama berapa bulan,” beber Kadis Irwan.

baca juga:Masuk Usia 30 Tahun, Wika Salim Akui Belum Dapat Jodoh

Tujuan Pengajar Muda Indonesia di Kabupaten Boalemo

Advertisement

Kadis Irwan menjelaskan, tujuan para tenaga Pengajar Muda ini yakni, mentransferkan pengalaman mereka selama menjadi guru pengajar, termasuk dalam hal berkolaborasi serta bersinergi dengan pemerintah pusat, kabupaten, kecamatan maupun desa, dalam hal mengembangkan sekolah yang berpotensi untuk dikembangkan.

“Selain itu, anak-anak didik nantinya akan mereka bina dan bimbing, agar memiliki pemahaman yang utuh terhadap masyarakat akar rumput. Sehingga anak didik tadi, bisa menjadi pemimpin untuk masa depan. Artinya, para Pengajar Muda ini menjadi guru bagi anak-anak di daerah dengan cara mengajar yang kreatif, serta mengenal lebih dalam konteks akar rumput melalui interaksi dengan masyarakat dari level desa hingga kabupaten,” beber Kadis Irwan.

Kabupaten Boalemo Dinilai Potensial Dari Sisi SDM maupun SDA

Irwan menambahkan, sebelum para tenaga Pengajar Muda ini di datangkan, ada upaya-upaya yang ditempuh oleh pihak Pengajar Muda, yakni berupa melakukan survei lokasi, serta melihat kesiapan daerah, ketika didatangkan guru guru tenaga Pengajar Muda Indonesia ini.

“Ternyata hasil survei tersebut, Kabupaten Boalemo adalah satu-satunya kabupaten di Provinsi Gorontalo yang potensial untuk dikembangkan baik dari sisi sumberdaya manusianya, sumberdaya alamnya, kompetensi sekolahnya, hingga tenaga Pengajar Muda ini didatangkan,” kata Kadis Irwan.

PM di Biayai Oleh Yayasan Indonesia Mengajar

Diakhir penyampaiannya, Irwan mengatakan, tenaga Pengajar Muda Indonesia ini dibiayai oleh Yayasan Indonesia Mengajar, dan seminggu sebelum turun ke sekolah-sekolah, mereka (Pengajar Muda) akan melakukan meeting/pertemuan dengan stakeholder, dan akan menyampaikan program dan langkah-langkah yang akan mereka lakukan selama di Kabupaten Boalemo.

baca juga:Merlan Dorong Peningkatan PAD Melalui Sektor Pariwisata, Masyarakat Diminta Mendukung

“Saya pernah membaca tulisan mereka (Pengajar Muda) tentang anak-anak di pedesaan yang bisa menjadi siswa-siswa terbaik dalam olimpiade nasional, setelah mereka hadir disitu. Tentu hal ini yang saya harapkan, dimana dengan keberadaan para Pengajar Muda ini, mampu membawa hal positif untuk Kabupaten Boalemo, utamanya dalam hal percepatan mutu pendidikan di Kabupaten Boalemo, menjadi lebih baik,” pungkas Kadis Irwan. (Adv)

Advertisement

Advertisement