32.1 C
Jakarta
Selasa, Juli 16, 2024

Buy now

Ricky Minta Kades Tegas Terhadap Oknum Penyebab Rusaknya Jembatan MP

HIMPUN.ID – Tokoh Pemuda Desa Buhu, Ricky Rianto Kadir, meminta Kepala Desa (Kades) Buhu, bersikap tegas dengan oknum yang diduga sebagai penyebab rusaknya jembatan Merah Putih (MP) di Desa Buhu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Menurutnya, jembatan itu saat diresmikan pada awal tahun 2019 silam, dilengkapi dengan portal, agar kendaraan besar seperti truck, tidak melintas di jembatan tersebut. Namun, portal itu hanya selang beberapa hari, dilepas oleh oknum masyarakat.

“Saya meminta Kades harus tegas, demi kepentingan rakyat. Segera pasang kembali portal jembatan itu dengan meminta pertanggungjawaban, dari oknum yang melepas portal tersebut,” tuturnya, Senin (17/5/2021).

Kades jangan Terkesan “Menutup Mata”

Dikatakannya, jika portal jembatan itu dalam waktu dekat ini belum terpasang kembali, patut dicurigai jangan sampai Kepala Desa “bermain mata” dengan oknum yang menyebabkan rusaknya jembatan tersebut, sehingga membiarkan dan terkesan menutup mata, dengan rusaknya infrastruktur yang dibangun dengan anggaran Rp. 1.5 miliar.

“Sekali lagi kami selaku masyarakat Desa Buhu, menyampaikan keluhan kami ini ke orang tua kami yang ada di Desa, yaitu Kepala Desa. Kami meminta, portal jembatan tersebut segera terpasang kembali. Kalau saja portal tersebut tetap tidak juga dipasang, dalam waktu dekat ini kami akan menggelar aksi besaran-besaran melalui unjuk rasa (Unras),” pungkasnya.

Tokoh Pemdua Desa Buhu, Ricky Rianto Kadir.

Kades Tak Mengetahui Oknum yang Melepas Portal

Sementara itu, Kepala Desa Buhu, Wirawan Lamani, saat dikonfirmasi terkait hal ini, mengaku tak mengetahui siapa oknum yang melepas portal jembatan tersebut. Namun, saat dikonfirmasi kebenaran informasi bahwa oknum tersebut telah menemuinya, ia membantah hal ini dan hanya sempat bertanya kepada oknum tersebut, kenapa portal itu dilepas.

“Cuman saya tanyakan kemarin, alasan-alasan itu kan, alasannya karena memang dia akan tanggungjawab perbaiki itu jembatan. Saya sudah tindaklanjuti itu, sudah enam wartawan yang menelfon saya tentang hal itu, sudah keenam dengan bapak, ya cuman begitu,” ujar Wirawan saat dihubungi Himpun.id pada Senin, (17/05/2021).

Diungkapkannya, Pemerintah Desa Buhu telah melakukan tindakan tegas terhadap oknum tersebut.

“Sudah dilakukan Pak, cuman, ini kan ada banyak pertimbangan. Salah satunya, material petani yang ada di sana itu nanti, mengangkutnya pake apa?. Kedua, ini ada yang sudah mau tanggungjawab, bertanggungjawab memperbaiki, bahannya sudah ada, tinggal kan waktu untuk mengerjakan ini yang belum ada,” ungkapnya.

Saat dikonfirmasi kapan dilepaskannya portal jembatan oleh oknum tersebut, Wirawan langsung mengakhiri percakapan.

Reporter : Mohamad Yusrianto Panu

Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia