32.1 C
Jakarta
Selasa, Juli 16, 2024

Buy now

Sekda Gorut Serahkan Bantuan di Gentuma Raya

HIMPUN.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara, Suleman Lakoro, menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Mustahik di Kecamatan Gentuma Raya, bertempat di Aula Kantor Camat Gentuma Raya, Selasa 17 Oktober 2023.

Bantuan diserahkan saat Sekda Suleman menghadiri sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) tentang pengelolaan zakat, Infaq dan sedekah.

Bantuan tersebut dianggarkan melalui anggaran dana zakat tahun anggaran 2023.

Sekda Suleman Lakoro menyampaikan, Peraturan Daerah (perda) terkait zakat saat ini masih dalam tahap pengusulan ke DPRD. Sehingga masalah pengelolaan zakat, dibuat dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup).

“Memang zakat ini seyogyanya diatur secara daerah, dalam hal ini pada peraturan daerah, dan baru tahun 2023 diusulkan ke DPRD. Sambil menunggu perda terbit maka dibentuklah perbup yg mengatur tentang seluk beluk pengelolaan zakat di Gorut,” ungkap sekda.

Dengan lahirnya perbup tentang zakat ini, ujar sekda, maka secara hukum BAZNAS telah resmi untuk mengumpulkan zakat bagi seluruh warga masyarakat Gorontalo Utara yang dianggap mampu.

Ucapan terima kasih serta apresiasi juga disampaikan oleh Sekda Suleman Lakoro kepada pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gorontalo Utara yang telah melaksanakan tugas serta fungsinya dalam pengelolaan zakat.

Olehnya, sekda mengajak semua pihak khususnya umat Islam untuk mengeluarkan zakat yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Bagi kita yang punya kelebihan harta dan penghasilan, itu secara ikhlas atau sukarela dan akan dikumpulkan oleh Baznas dan dikembalikan kepada masyarakat yg berhak,” kata sekda.

Dalam kegiatan tersebut, Baznas Kabupaten Gorontalo Utara menyiapkan kurang lebih 200 paket bantuan konsumtif dan 25 paket untuk usaha kecil. (Rls)