23.5 C
Jakarta
Minggu, Juni 16, 2024

Buy now

Alhamdulillah, Gedung Puskesmas Mananggu yang Baru Sudah Diresmikan

HIMPUN.ID – Alhamdulillah, Gedung Puskesmas Mananggu yang baru telah rampung dan sudah diresmikan.

Adapun pengresmian gedung Puskesmas Mananggu, dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati Boalemo Sherman Moridu, Kamis 16 November 2023.

Tak hanya itu, dalam pengresmian gedung Puskesmas, juga dirangkaikan dengan deklarasi ODF 5 Desa.

Berdiri megah di pusat Kecamatan Mananggu, gedung Puskesmas akan segera dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat mananggu.

Dalam pengresmian tersebut, tampak hadir, Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan Boalemo, Kepala Puskesmas Mananggu Amelia Kadji, SKM., Camat Mananggu, para pegawai puskesmas, dan para kepala desa Se-kecamatan Mananggu.

Pengresmian, ditandai dengan pengguntingan vita dan penandatanganan prasasti yang saksikan Forkopimda, Kadis kesehatan, Camat Mananggu dan para Kepala desa se – Kecamatan Mananggu.

Puskesmas Jadi Layanan Dasar

Penjabat Bupati Boalemo, Sherman Moridu, menyampaikan, Puskesmas menjadi layanan dasar atau yang pertama, sebagaimana di tentukan berdasarkan Permenkes No. 43 tahun 2019 tentang puskesmas untuk meningkat pelayanan kepada masyarakat.

Dijelaskan Sherman, dari 11 Puskesmas yang ada di Kabupaten Boalemo, bangunan yang sudah seperti ini ada 5 bangunan.

“Satu di Mananggu kemudian di Saritani, Paguyaman, Pangi dan Tilamuta,” jelasnya.

Penjabup Sherman menerangkan, Puskesmas berperan menyelenggarakan upaya kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal.

“Untuk mencapai terselenggaranya kesehatan secara optimal, maka puskesmas harus melaksanakan manajemen dengan baik,” ujarnya.

Baca juga:Buntut Perzinahan Kades, Kantor Desa Diloato Terancam Dibakar

Pada kesempatan itu, Kepala puskesmas Mananggu, Amelia Kadji, SKM., menyampaikan rasa syukur atas rampungnya gedung Puskesmas.

“Alhamdulillah, sudah sekian lama, akhirnya gedung Puskesmas sudah rampung, dan diresmikan langsung oleh bapak penjabat Bupati Boalemo. Semoga bisa bermanfaat untuk bagi masyarakat mananggu,” tutup Kapus Amelia.

Reporter: Abdurrahman Agunta