27.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Anas Jusuf : UMKM Berperan dalam Penciptaan Lapangan Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi

HIMPUN.ID – Pertumbuhan investasi di daerah, idealnya harus diimbangi dengan keterlibatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kehadiran investasi didaerah yang dibangun dengan prinsip kemitraan, atas dasar prinsip saling menguntungkan dan meningkatkan daya saing, diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap perkembangan UMKM itu sendiri.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah daerah Kabupaten Boalemo dalam mendukung dan mendorong ekonomi daerah dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM.

Hal-hal Yang Harus Dipenuhi Investor ketika Ingin Mengembangkan Usahanya di Kabupaten Boalemo

Pada pertemuan dengan pihak PT.Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Depo Gorontalo), Plt Bupati Boalemo Anas Jusuf menyampaikan bahwa, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Boalemo sangat membuka diri dalam hal mengembangkan dan meningkatkan upaya serta peran usaha mikro, kecil dan menengah untuk penciptaan lapangan kerja.

Sebab menurut Anas, eksistensi UMKM sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi yang berkontribusi riil untuk pembangunan daerah kedepan dengan tetap menempatkan pengurusan dan regulasi perijinan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Secara spesifik, kami mempersyaratkan bahwasanya kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak manapun yang ingin mengembangkan usahanya di Kabupaten Boalemo harus memenuhi beberapa kesepakatan, diantaranya menerima produk UMKM/IKM Boalemo, mengikuti kegiatan sosial kepada fakir miskin, anak yatim dan disaat terjadinya bencana alam,” beber Anas disela-sela pertemuannya dengan pihak Alfamart, Senin 4 Oktober 2021.

Disamping itu, lanjut Anas, kesepakatan lain yang harus di penuhi adalah memberikan harga distributor terhadap 50 (lima puluh) pedagang kecil disekitar lokasi usaha, menerima tenaga kerja lokal.

“Bersedia memberikan lapak kaki lima diarea lokasi usaha untuk UMKM/IKM tanpa dipungut biaya, wajib menggunakan perbankan yang ada di Boalemo, dan wajib memberikan pelatihan kepada UMKM/IKM yang ada di Kabupaten Boalemo,” pungkasnya.

Reporter: Arten Masiaga