27.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Bentengi Rumah dengan Tanaman Obat

HIMPUN.ID – Selama ini tidak banyak yang mengetahui tanaman yang tumbuh liar disekitar kita.

Padahal, bisa saja tanaman saja tanaman tersebut merupakan tanaman obat yang turun temurun digunakan untuk pengobatan herbal.

Apa saja tanaman obat yang bisa kita tanam tersebut?

Berikut ini beberapa tanaman obat yang bisa ditanam di area rumah, dikutip himpun.id Kamis 9 Desember 2021, dari pamflet yang diunggah di akun Instagram @kementerianpertanian :

1. Sirih

Kandungan polevenoland dan flavonoid yang dimiliki daun siri dapat menjadi antioksidan, antiseptik, sera anti-inflamasi.

Baca juga:5 Tanaman Hias Berkhasiat Obat, Salah Satunya Kumis Kucing

Selain itu, kandungan uegenol dan karvakol juga dapat meredakan rasa sakit dan mengatasi bau mulut dan keputihan.

2. Temu lawak

Rimpang temu lawak mengandung kurkumin yang bermanfaat mengatasi jerawat, anti inflamasi dan anti hepatotoksik.

Khasiat temulawak untuk mengobati sakit limpa, sakit kepala, sakit ginjal, asma, sakit pinggang, masuk angin, sariawan, penambah nafsu makan, sembelit dan cacar air.

3. Ciplukan

Tanaman yang bisa tumbuh dimana saja ini, terkadang dianggap gulma. Padahal ciplukan, memiliki khasiat penetral racun.

Ciplukan juga dapat meredakan sakit batuk, analgetik, diuretik, mengatasi kencing manis, dan diabetes meletus.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut meliputi, 22 miligram kalsium, 12 miligram fosfor, potasium 19,5 miligram, dan vitamin C.

Beberapa khasiat dari jeruk nipis, seperti menghilangkan komedo, mengobati amandel, mengobati anyang-anyangan, obat batuk, untuk diet, hingga menghilangkan bau badan.

Baca juga:Khasiat Sakti Seledri, Apa Saja ya?

5. Kumis kucing

Selain bentuknya yang cantik, kumis kucng juga memilki khasiat untuk menghilangkan panas dan lembab, infeksi ginjal, peluruh air seni, infeksi kandung kemih, encok dan sakit kencing batu.

6. Rosella

Bunga Rosella merupakan jenis bunga yang sering dibudidayakan oleh para petani terutama petani yang menargetkan pasar kesehatan (medis).

Selain dipergunakan untuk obat, bunga rosella juga bisa dijadikan teh. Teh dari bunga rosella ini memiliki manfaat untuk mengobati luka/iritasi pada lambung, menyembuhkan demam, mencegah penyakit jantung, mengencerkan dahak pada tenggorokan, mengatasi penyakit hipertensi, dan mengobati penyakit kanker.

Sumber: Instagram/@kementerianpertanian

 

 

Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia