26.2 C
Jakarta
Selasa, Juni 25, 2024

Buy now

Bupati Thariq Modanggu Beri Motivasi Tim Paskibraka

HIMPUN.ID – Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu memberikan motivasi kepada Pasukan pengibar bendera (Paskibraka) yang akan bertugas pada HUT Ke-78 Republik Indonesia, Kamis besok, 17 Agustus 2023.

“Penduduk kita berjumlah 130 ribu jiwa menantikan detik-detik jalanya upacara bendera, jadi tugas kalian berat di harapkan semangatnya sama dengan pejuang kita mengorbankan nyawa dan harta mereka demi kemerdekaan,”ungkap Thariq memberikan motivasi

Itu disampaikan Thariq saat dirinya mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa, 15 Agustus 2023.

“Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Kabupaten Gorontalo Utara pada tanggal 17 Agustus 2023. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” kata Tharig Modanggu dalam Upacara Pengukuhan Paskibraka.

Dalam upacara tersebut, Bupati Thariq bertindak sebagai pembina, sementara pemimpin upacara adalah seorang anggota Paskibraka 2023 pilihan terbaik putra di Gorontalo Utara.

Upacara diawali dengan pembacaan Ikrar Putra Indonesia Paskibraka oleh pembina dari unsur TNI, yang diikuti oleh seluruh anggota Paskibraka.

Ikrar tersebut, antara lain menegaskan bahwa Paskibraka sebagai putra Indonesia khususnya Gorontalo Utara mengakui bertumpah darah satu dan berbangsa satu, Indonesia.

Paskibraka juga mengaku bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta mengaku berjiwa dan berideologi satu, Pancasila.

Kemudian, anggota Paskibraka mengaku bertujuan mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan mengakui kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa.

“Berdasarkan pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayah-Nya,” kata para anggota Paskibraka.

Selanjutnya, pemimpin upacara mewakili anggota Paskibraka mencium bendera Merah Putih dengan diiringi lagu Bagimu Negeri dan dilanjutkan dengan penyematan lencana secara simbolis oleh Kepada Bupati Tharig kepada pemimpin upacara.

Dalam arahan Bupati Gorontalo Tharig Modanggu mengungkapkan, bahwa Pasukan paskibraka notabenya anak muda ini merupakan pilihan terbaik yang tentunya dapat membanggakan orang tua dan daerah.