Cara Mengatasi Asam Lambung, Begini Penjelasan Dokter Saddam Ismail

Cara Mengatasi Asam Lambung, Begini Penjelasan Dokter Saddam Ismail

HIMPUN.ID – Bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung, tentu tahu bagaimana rasanya.

Untuk bisa terhindar dari penyakait asam lambung, ada hal yang bisa dilakukan.

Apa sebenarnya penyebab dari penyakit asam lambung sehingga kita mengalaminya.

Dan bagaimana cara mengatasi penyakit asam lambung?

Nah untuk menjawab pertanyan tersebut, ini ulasan lengkap yang disampaikan dokter Saddam Ismail, dikutip himpun.id Selasa 2 Agustus 2022, dari video yang diunggah di kanal YouTube Saddam Ismai.

Penjelasan Dokter Saddam Ismail

Advertisement

Dijelaskan dokter Saddam Ismail, penyakit asam lambung, atau asam lambungnya naik ke atas di sebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), terjadi ketika asam lambung naik sampai ke korongkongan atau tenggorokan, itu karena otot sphincter esophagus itu melemah.

“Akhirnya itu terbuka asam lambung yang berada di lambung bisa naik sampai ke atas, apalagi kalau orang tua ada riwayat mengonsumsi obat-obatan jangka panjang, terutama obatan nyeri untuk mengalami masalah pada lambungnya,” jelas dokter Saddam Ismail.

Dikatakan dokter Saddam Ismail, pada umumnya lansia yang memiliki penyakit kronis ini akan beresiko mengalami asam lambung, baik misalkan radang sendi, asam urat, ataupun terkena pengapuran tulang.

“Dan orang tua yang mengalami peningkatan berat badan, ataupun menjadi obesitas itu akan beresiko mengalami masalah pada lambungnya, karena lemak bertambah, dan lemak diperut akan menekan lambung itu akan menyebabkan asam lambung bisa naik,” kata dokter Saddam Ismail.

Baca juga;Ini Dia Biang Kerok Kita Menjadi Lupa dan Cara Mengatasinya, Ini Penjelasan Dokter Saddam Ismail

Baca juga;Penjelasan dr Saddam Ismail tentang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Kemudian kata dr Saddam Ismail, gejala asam lambung pada orang tua mulai batuk kering, dan suara mulai serak merasa seperti ada benjolan atau tumpukan makanan di tenggorokan, dan nafsu makan menurun.

“Sehingga bisa mengalami penurunan berat badan, nafas jadi tidak nyaman, rasa menyesak di bagian hulu hati, merasa sensasi terbakar di bagian dada, dan yang terakhir mengalami sakit tenggorokan yang kronis ataupun lama,” ucap dokter Saddam Ismail.

dokter Saddam Ismail menjelaskan, bagaimana cara mengatasi asam urat pada orang tua.

Berikut ini ada beberapa hal yang yang bisa membantu mengatasi masalah lambung:

Yang pertama – hindari makanan pemicu, misalnya makanan yang pedas, makanan yang bersantan, makanan yang berminyak, makanan yang terlalu manis, makanan yang asam-asam, goreng, makanan yang berlemak.

Kedua – hindari minuman berkafein, nah biasanya orang tua itu suka minum kopi hangat, teh hangat, ataupun minuman yang bersoda.

“Nah minuman-minuman itu akan membuat otot yang menghubungkan lambung dan juga saluran ketenggorokan itu akan melemah, spihncter esophagus akan melemah, itu akan menyebabkan asam lambung naik,” terang dokter Saddam Ismail.

Ketiga – porsi teman-teman jangan terlalu banyak, porsinya kecil-kecil tapi sering.

Keempat – jangan langsung tidur setelah makan, biasanya teman-teman kalau sudah makan langsung baring-baring dan langsung tidur itu tidak boleh, jadi usahakan 2/3 jam setelah makan itu baru boleh baring-baringan ataupun tidur-tiduran.

Kelima – usahakan teman-teman kalau tidur lebih tinggi kepalanya mengunakan bantal misalkan 15 cm atau 20 cm, ini akan memposisikan kepala lebih tinggi dari pada lambung, jadi ini bisa mencegah asam lambung naik.

Keenam – jangan gunakan pakaian yang ketat, apalagi sedang tidur, jadi gunakan celana yang longgar-longgar, jadi tidak memberikan tekanan pada perut.

Ketujuh – konsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter, misalkan teman-teman ada penyakit kronis dan diberikan anti nyeri, sebaiknya harus rutin berkonsultasi ke dokter, jangan membeli obat di apotek sendiri karena obat-obatan anti nyeri akan membuat lambung iritasi.

“Ataupun teman-teman mengkonsumsi obat-obat untuk lambung, sebaiknya juga jangan begitu tanpa pengawasan dokter, Harus sesuai dengan anjuran dokter, dalam pengawasan dokter, supaya tidak timbul masalah yang lain,” kata dokter Saddam Ismail.

Itulah penyakit lambung pada orang tua, memang pada usia tua akan mengalami penurunan fungsi organ yang bertahap, dan teman-teman masih bisa mencegahnya.

Terakhir, dalam penyampaian dr Saddam Ismail, diingatkan kembali, jangan sampai mengkonsumsi makanan yang sembarangan, mengkonsumsi makanan yang jadi pemicu.

“Ya ini akan terus-terusan menjadi kumat , ya jadi kumat lambungnya, bolak-balik minum obat, bolak balik ke rumah sakit, jadi tetap harus rubah pola hidupnya, olahraga yang teratur,” pungkas dokter Saddam Ismail.

 

Advertisement

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini