Dihubungkan dengan Ritual Keagamaan, Salahudin: Tumbilotohe Bisa Menggaet Wisatawan

Tumbilotohe atau malam pasang lampu (Foto:himpun.id)

HIMPUN.ID – Tumbilotohe atau malam pasang lampu yang digelar pada akhir Ramadan, mulai berlangsung di Gorontalo atau yang lebih dikenal dengan “Serambi Madinah”.

Sejak dahulu tradisi ini sudah dianggap sebagai festival paling meriah, dan menjadi Iconic Masyarakat Provinsi Gorontalo.

Baca juga:Tegas! Rektor UNU-Go : Tumbilotohe Bukan Lampu Hias

Baca juga:Rektor UNU-Go Dorong Tumbilotohe Jadi Budaya Nasional

Salahudin Pakaya (Foto:Ist)

Wakil Rektor 2 Universitas Muhammadyah Gorontalo (UMGO) Dr. Salahudin Pakaya, MH., mengatakan Tumbilotohe merupakan tradisi yang sudah lama mengakar di masyarakat Gorontalo.

“Karena dihubungkan dengan ritual keagamaan di setiap tanggal 27 malam Ramadhan. Menandai ‘Lailatul Qodar’ (suatu malam yang ditentukan pada bulan Ramadhan, dimana pada malam itu turun malaikat-malaikat ke bumi atas ijin Allah),” terang Salahudin dalam keterangan tertulis yang diterima himpun.id, Kamis 28 April 2022.

Advertisement

Gorontalo Memiliki Potensi Besar

Dijelaskan Salahuddin, Gorontalo memiliki potensi besar dalam mengembangkan destinasi wisata berbasis “halal tourism” (wisata halal).

“Salah satunya adalah Tradisi Tumbilotohe, ini akan menjadi peluang emas bagi masyarakat di Gorontalo untuk menggaet para wisatawan Religi melihat keindahan Tumbilotohe agar tertarik menyambangi Tradisi di gorontalo yang sudah berlangsung sejak abad ke-15 itu,” ungkap Salahuddin yang juga Kabid Pemuda dan Pendidikan di Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Gorontalo.

Salahuddin Pakaya Ajak Masyarakat Jaga Ketertiban

Diakhir penyampaiannya, Salahuddin Pakaya mengajak semua pihak, bersinergi bersama pemerintah dan forkopimda menjaga ketertiban.

“Waspada dengan api yang dipakai dalam pasang lampunya, dan yang paling penting masyarakat jangan sampai terlena dengan Tumbilotohe, tapi sudah tidak lagi meningkatkan kualitas ibadahnya Ramadhan, akhir ramadhan ini mari kita tingkatkan ibadah qiyamullail agar Ramadhan ini pahala kita lebih dilipat gandakan oleh ALLAH SWT,” tutup Salahuddin. (HP1)

 

Advertisement

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini