32.1 C
Jakarta
Selasa, Juli 16, 2024

Buy now

Dua Tokoh Gorontalo Diperjuangkan di Pusat untuk Ditetapkan Menjadi Pahlawan Nasional

HIMPUN.ID – Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo memperjuangan dua tokoh Gorontalo, Almarhum Prof. Dr Aloe Saboe, dan Hans Bague Jassin, atau lebih sering disingkat menjadi H.B. Jassin, untuk ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Hal itu terungkap saat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma, memberikan arahan pada Apel KORPRI di Halaman Kantor Bupati, Kamis 17 Februari 2022.

“Dan hari ini masih dalam proses pengusulan ke Pemerintah Pusat, untuk ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional,” terang Sekda Ishak Ntoma.

Baca juga:Targetkan WTP Kesembilan Kalinya, Ishak Minta OPD Proaktif terhadap yang Dibutuhkan BPK

Pemda Bone Bolango Akan Hadiri Seminar Nasional

Diungkapkan Ishak, kedua tokoh tersebut, semasa hidupnya, sudah malang melintang di peristiwa yang berperadaban perjuangan rakyat Gorontalo, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan, termasuk juga dalam rangka perjuangan Gorontalo itu sendiri.

“Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Insya Allah akan melaksanakan Seminar Nasional, yang akan dilaksanakan di Jakarta di Kantor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada tanggal 22 Februari,” bebernya.

Seminar Nasional tersebut kata Ishak Ntoma, akan dihadiri kurang lebih 100 Tokoh Gorontalo, yang turut memberikan dukungan kepada kedua Tokoh Gorontalo ini (Almarhum Prof. Dr Aloe Saboe, dan Hans Bague Jassin), untuk di tetapkan menjadi Pahlawan Nasional.

“Kita doakan,” pungkasnya. (Adv)

Reporter: Rihol Igirisa