33.9 C
Jakarta
Jumat, Juni 21, 2024

Buy now

Pelayanan Kesehatan Bergerak Digelar di Dua Desa Kecamatan Paguyaman Pantai

HIMPUN.ID – Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Boalemo menggelar program Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB), di Kecamatan Paguyaman Pantai, Rabu 5 Juni 2024.

Adapun pelaksanaan pelayanan kesehatan bergerak tersebut dilakukan di dua Desa yakni Desa Apitalawu dan Desa Olibu, kecamatan Paguyaman Pantai.

Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai, dr. Zubaidah Ali Rauf mengatakan, pelayanan kesehatan bergerak sebagai inovasi pemerintah dalam memaksimalkan layanan kesehatan karena menyentuh langsung masyarakat mulai dari balita, anak-anak, remaja hingga lansia.

“Untuk terselenggaranya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal,” ungkapnya.

Mendekatkan Akses Layanan Kesehatan

Dijelaskan Kapus Zubaidah, pelayanan kesehatan bergerak adalah, untuk mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil dan sangat terpencil.

“Pelayanan Kesehatan Bergerak merupakan pelayanan yang dilakukan oleh Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (TPKB) dalam rangka meningkatkan akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil,” jelasnya.

Kapus Zubaidah menyampaikan, Program Layanan Kesehatan Bergerak ini telah dilakukan di dua Desa mulai dari Desa Apitalawu, dan Desa Olibu.

“Kegiatan itu dilaksanakan di dua Desa, Desa Apitalawu dan Desa Olibu,” ungkapnya.

Adapun Aksi giat tersebut meliputi, pelayanan kesehatan dokter spesialis seperti spesialis kandungan, penyakit kulit, serta kelamin, kemudian pelayanan kesehatan anak dan lansia, skrining penyakit tidak menular dan diakhiri dengan penyuluhan kesehatan.**

Reporter: Abdurrahman Agunta