27.8 C
Jakarta
Kamis, Juli 25, 2024

Buy now

Perspektif Pemuda Botumoito terkait Event ‘I Look Boalemo-Gorontalo Mart & Festival’

HIMPUN.ID, BOALEMO – Gelaran event “I Look Boalemo-Gorontalo Mart & Festival” yang akan dihelat pada tanggal 11-13 Februari 2022 nanti, dinilai akan berdampak positif bagi perekonomian warga masyarakat Kabupaten Boalemo.

Hal tersebut disampaikan Ruslan Hasan, salah satu tokoh pemuda Desa Patoameme, Kecamatan Botumoito, Minggu 06 Februari 2022.

Dampak Positif Event I Look Boalemo

Menurut Ruslan, dampak positif yang akan ditimbulkan dari event ini (I Look Boalemo-Gorontalo Mart & Festival), tidak lain adalah mampu menumbuhkan geliat ekonomi warga Kabupaten Boalemo, khususnya masyarakat yang berada di Kecamatan Botumoito, setelah sebelumnya merosot turun yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

“Dengan dipromosikannya beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Boalemo, seperti Pulau Monthuli, dan beberapa pulau lainnya, termasuk mengeksplore keindahan bawah laut yang menyimpan berbagai macam keindahan terumbu karangnya, tentu akan mengundang para wisatawan untuk datang ke Boalemo. Dan ini sudah pasti akan berdampak positif bagi masyarakat,” ucap pria yang akrab di sapa Chan ini.

Baca juga:Nikah Sirri Demi Mendapatkan Tunjangan, Begini Penjelasan Buya Yahya

Tak hanya itu, kata Ruslan, gambaran real bahwa perekonomian di Kabupaten Boalemo mulai bergeliat, ditandai dengan mulai ramainya kawasan alun-alun Tilamuta, dengan berbagai aktivitas di siang maupun malam harinya.

“Saya lihat, para pelaku UMKM disediakan tempat untuk berjualan disekitar Alun-Alun Tilamuta, dan aktifitas lainnya berupa lomba Senam Goyang Tolotidi, yang sudah tentu ini berdampak bagi perekonomian warga sekitar,” kata Ruslan.

Event I Look Boalemo Berkah Bagi Masyarakat Kecamatan Botumoito

Ia menambahkan, event “I Look Boalemo-Gorontalo Mart & Festival” yang nantinya akan di pusatkan selama 3 hari di Wisata Pantai Indah Bolihutuo, merupakan berkah bagi warga masyarakat, khususnya yang berada di Kecamatan Botumoito.

“Wisata Bolihutuo akan ramai dikunjungi para wisatawan, dan yang paling menarik adalah pameran nilai-nilai budaya yang nanti akan ditampilkan serta hadirnya stand-stand khusus yang akan disediakan bagi para pelaku UMKM, dan tidak menutup kemungkinan, akan ada rumah masyarakat yang dijadikan ‘home stay‘ bagi para wisatawan yang berkunjung,” beber Ruslan.

Imbauan Ruslan Hasan

Lebih lanjut, Aktivis Boalemo ini mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kecamatan Botumoito, untuk mendukung penuh event, yang menurutnya adalah sebuah momen untuk memboomingkan kembali “icon” Kabupaten Boalemo (baca: Pantai Wisata Indah Bolihutuo),

Ruslan menilai, sebelumnya, wisata Pantai Indah Bolihutuo kalah pamor dengan wisata Pantai Ratu yang terletak di Kecamatan Dulupi.

Baca juga:Bupati Hamim Ajak HMI-KAHMI Majukan Bonebol 2 Kali Lebih Baik Maju Cemerlang

Padahal, kata Ruslan, setiap event besar di Boalemo, pasti dipusatkan di Pantai Wisata Bolihutuo. Sebab dari sisi fasilitas, Bolihutuo sudah bisa dikatakan memadai.

“Oleh karena itu, kita sebagai warga Kecamatan Botumoito, yang juga dalam hal ini selaku tuan rumah, maka wajib hukumnya untuk mendukung penuh event I Look Boalemo ini,” jelas Ruslan.

Di akhir penyampaiannya, Ruslan berharap, peran Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo dalam hal vaksinasi, agar lebih massif dilakukan, khususnya bagi warga masyarakat yang ada di Kecamatan Botumoito.

Peran Dinas Kesehatan Boalemo

Diberitakan beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Sutriyani Lumula menjelaskan, pihak dinas kesehatan sendiri bertanggung jawab langsung dalam pelaksanaan event festival nanti.

“Terutama pada saat proses pelaksanaan event, sejak tamu datang ataupun berada dibandara,” ungkap Kadis Sutriyani, Jumat 21 Januari 2022.

Baca juga:Kisah Merlan S. Uloli Di-bully Hingga Jadi Wakil Bupati Bone Bolango

Kadis Sutriyani menambahkan, semua hal mulai dari pemeriksaan swab antigen, kartu vaksin, penyiapan mobil ambulans, petugas Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), termasuk klinik kesehatan, dan beberapa petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) yang ditempatkan dibeberapa titik di Wisata Indah Bolihutuo, untuk mencegah penumpukan orang (social dystancing).

SOP Saat Pelaksanaan Event Nanti

“Yang jelas, kita sudah mulai menyusun standar operasional prosedur, dan alhamdulillah Kabupaten Boalemo sejak bulan Oktober 2021 hingga sekarang berada di zona hijau, yang artinya tidak ada kasus aktif Covid-19,” kata Kadis Sutriyani.

Kadis Sutriyani menegaskan, pihaknya akan terus melakukan ikhtiar dan upaya proteksi akan ditingkatkan melalui aplikasi “Peduli Lindungi”, sambil gencar dan aktif untuk memasifkan vaksinasi di Kabupaten Boalemo.

Reporter: Arten Masiaga
Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia