26.2 C
Jakarta
Selasa, Juni 25, 2024

Buy now

Rakor Penyerahan Bantuan, Gerak Cepat Pemda Boalemo Kendalikan Harga Pangan

HIMPUN.ID – Untuk mengantisipasi pemenuhan kebutuhan dan stabilitas harga pangan, Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo mengadakan pertemuan tentang stabilitas pangan di daerah bumi damai bertasbih.

Bentuk gerak cepat yang dilakukan pihak Pemda ini, mengadakan rapat koordinasi penyaluran bantuan pangan dalam rangka pengendalian harga pangan.

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh penjabat Sekretaris Daerah Boalemo, Supandra Nur, Jumat 8 Maret 2024

Turut hadir kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Boalemo Faisal Hurudji, staf ahli Bupati Yakop Yusuf Musa, S.Sos.,MM, perwakilan Forkopimda, pimpinan OPD dan Camat se Kabupaten Boalemo.

Baca juga:Bantu Kebutuhan Pokok Masyarakat, Pemda Boalemo Gelar Pasar Murah

Penjabat Sekretaris Daerah Supandra Nur,ST., menyampaikan pengendalian inflasi dan pengendalian stabilitas harga pangan menjadi salah satu fokus perhatian bagi pemerintah pusat.

“Sehingga Setiap minggu itu, kami mengikuti rapat pengendalian inflasi yang di pimpin Kemendagri untuk memastikan inflasi di semua daerah bisa terpantau dan terkendali, terutama komodititas harga pangan di masing – masing Daerah,” ucap Supandra.

Menurut Sekda Boalemo, stabilitas Negara ditentukan dengan stabilitas harga pangan, sehingga masalah pengendalian harga bahan pokok benar-benar diseriusi.

“Tentunya, ini masalah yang dianggap sangat urgen di Republik ini, karena stabilitas negara kita pasti sangat ditentukan manakala stabilitas harga pangan aman dan terkendali,” tuturnya.

Supandra menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Boalemo telah menyediakan stok pangan untuk beberapa waktu ke depan, apalagi dalam melaksanakan puasa ramadhan 1445 Hijriah.

Pemda Boalemo Peroleh Dana Fiskal

Sekda Supandra menerangkan, mulai tahun ini Pemerintah Kabupaten Boalemo diberikan kepercayaan untuk memperoleh Dana insentif fiskal, karena Pemda dianggap berhasil dalam beberapa aspek dalam pengendalian inflasi di Boalemo.

“Apalagi tahun ini, Pemerintah Kabupaten Boalemo akan melaksanakan penghapusan kemiskinan ekstrem yang menjadi program Nasional Pemerintah Pusat. Sehingga dalam rapat koordinasi ini, kita akan membahas bagaimana mekanisme penyaluran bantuan kepada masyarakat,” terangnya.

Supandra berharap kepada peserta rapat koordinasi ini, agar dapat memberikan saran dan masukan terkait penyaluran Bantuan pangan yang akan dilaksanakan nanti.

Reporter: Abdurrahman Agunta