Seleksi Wawancara PPS Sukses Digelar, Ovenly Sebut Perekapan Nilai Objektif

Seleksi wawancara terhadap calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) (Foto: PPK Tilongkabila/OS)

HIMPUN.ID – Seleksi wawancara terhadap calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) sukses digelar oleh Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tilongkabila, di Sekretariat PPK Tilongkabila, Jumat 20 Januari 2023.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tilongkabila, Ovenly U. Silangen, menuturkan, perekapan hasil wawancara dilaksanakan secara objektif dan selektif, dan akan disampaikan ke KPU Kabupaten Bone Bolango.

Dijelaskan Ovenly, selain seleksi wawancara, calon anggota PPS juga dilakukan uji kompetensi penguasaan komputer.

“Seleksi wawancara calon anggota PPS yang didelegasikan oleh KPU Kabupaten Bone Bolango kepada kami PPK, dilakukan secara ketat, dengan tidak lupa memperhatikan kompetensi dalam penguasaan perangkat komputer,” terang Ovenly.

Pengidentifikasian Calon Anggota

Ovenly mengungkapkan, dalam pelaksanaan seleksi wawancara calon anggota PPS, dilakukan juga pengidentifikasian calon anggota PPS pada link Sistem Informasi Calon (SILON).

“Dalam pelaksanaan seleksi ini, kami juga melakukan pengidentifikasian kepada calon anggota PPS pada Sistem Informasi Calon (SILON), untuk memastikan apakah terdapat dukungannya pada calon perseorangan atau tidak. Dan setelah di cek, semua tidak teridentifikasi sebagai pendukung calon perseorangan,” ungkap Ovenly.

Advertisement

Baca juga:PPK Tilongkabila Lakukan Tes Wawancara kepada Calon PPS, Ovenly: Total 83 Orang

Ovenly mengatakan, pada seleksi wawancara gelombang ketiga, PPK menyeleksi sebanyak 25 orang, yang sebelumnya gelombang pertama 29 peserta  dan gelombang kedua juga terdiri 29 peserta.

Pendaftar Calon Anggota PPS Mengalami Peningkatan

Di tempat yang sama, Anggota PPK Divisi SDM, Sosialisasi dan Parmas, Abdurrahman Djafar, menambahkan, pendaftar calon anggota PPS untuk Pemilu tahun 2024 terjadi peningkatan yang signifikan.

“Ini membuktikan bahwa KPU Kabupaten Bone Bolango sangat memperhatikan tingkat partisipasi masyarakat di Kabupaten Bone Bolango, khususnya di Wilayah Kecamatan Tilongkabila,” jelas Abdurrahman.

Pengunguman Calon Anggota PPS Terpilih

Sementara itu, Anggota PPK Divisi Teknis, Eka Pratiwi Adam, mengungkapkan, setelah pelaksanaan wawancara, tahapan selanjutnya adalah pengumuman calon anggota PPS terpilih.

“Setelah ini, tahap selanjutnya adalah pengumuman calon PPS terpilih yang sesuai dengan jadwal tahapan KPU Kabupaten Bone Bolango jatuh pada tanggal 21 – 23 Januari 2023, sekaligus dengan penetapan Anggota PPS,” terang Eka.

Anggota PPK Divisi perencanaan, Data dan Informasi Arfan I. Badjeber, mengungkapkan, tepatnya pada Pukul 17.34 WITA, seleksi wawancara gelombang ketiga telah selesai.

Sambung Anggota PPK Divisi Hukum, Rahma Igirisa mengatakan, seleksi wawancara calon anggota PPS se-Kecamatan Tilongkabila yang dilaksanakan selama tiga hari sejak Rabu hingga Jumat 20 Januari 2023 sore berjalan lancar.

(Rls)

Advertisement

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini