30.1 C
Jakarta
Minggu, April 14, 2024

Buy now

Tingkatkan Kemampuan Daerah, Thariq Sebut dengan Mengadakan Peta Jakestra

HIMPUN.ID – Bupati Kabupaten Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mengungkapkan, untuk meningkatkan kemampuan daerah, adalah dengan mengadakan Peta Jakestra.

“Dengan adanya Peta Jakestra lebih mempermudah jalan kita. Makanya Kesejahteraan itu membutuhkan peta jalan, dan hasilnya juga lebih jelas potensinya,” ujar Bupati Thariq.

Thariq menuturkan, program peta jakestra adalah program inovasi, dan belum ada di Indonesia, juga merupakan rencana jangka panjang untuk kepentingan rakyat dimasa depan.

Dijelaskan Thariq, tidak berimbangnya data kemiskinan berdasarkan hasil verifikasi pendamping ceria, menjadi perhatian penting, khususunya dalam hal peruntukan program dan keadilan.

Hal itu disampaikan Bupati Thariq Modanggu pada pelaksanaan Roadshow Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem dan Diskusi Publik Penyusunan Peta Jakestra GPS 2035, bertempat di Aula Kantor Desa Motihelumo Kecamatan Sumalata Timur, Kamis 26 Oktober 2023.

Menurut Bupati Thariq, sebelum datangnya PMK 212, konsep Peta Jakestra telah disusun tahun 2022. Adanya konsep tersebut menurut bupati sebagaimana yang diatur dalam regulasi hanyalah soal kemiskinan.

Advertisement

“Tidak ada yang mengatur soal kesejahteraan padahal banyak orang yang ingin hidup sejahtera,” ungkap bupati.

Bupati juga mengapresiasi data kemiskinan di Gorontalo Utara di tahun 2022-2023 dari 17,20 persen turun menjadi 17,03 persen.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Pimpinan OPD terkait, Camat Sumalata Timur, para Kepala Desa, Pendamping Ceria, dan Pendamping PKH. (Rls)

Advertisement

Advertisement