25.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Tingkatkan Pendidikan dan Kebudayaan Berkualitas di BoneBol, Sekda: Tanggung Jawab Semua

HIMPUN.ID – Tingkatkan pendidikan dan kebudayaan yang berkualitas di Kabupaten Bone Bolango, Sekretaris Daerah (Sekda) Ishak Ntoma, menyebut menjadi tanggung jawab semua pihak.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Rembuk Pendidikan dan Kebudayaan, di Bele Palengi Chalentik, Desa Dutohe, Kecamatan Kabila, Senin 21 Maret 2022.

Ishak Ntoma mengungkapkan, berbicara tentang rembuk pendidikan dan kebudayaan berarti di dalamnya ada berbagai stakeholder pemerhati pendidikan yang mestinya hadir di kegiatan tersebut.

“Disinilah kita harus bicara dari hati ke hati tentang bagaimana meningkatkan dan membangun pendidikan dan kebudayaan yang berkualitas di Kabupaten Bonebol,” ungkap Ishak.

Pendidikan Penting dalam Penumbuhan Karakter Bangsa

Menurutnya, pendidikan menjadi hal yang sangat penting dalam penumbuhan karakter bangsa.

Sehingga, kata Ishak, lewat rembuk kita akan mencarikan solusi terkait hal-hal berhubungan dengan bagaimana mengurai persoalan kompleks yang selalu hadir, tentang masalah pendidikan dan kebudayaan.

“Urusan pendidikan dan kebudayaan bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah maupun guru-guru saja, tapi pendidikan adalah masalah dan tanggung jawab kita semua,” kata Ishak Ntoma.

Harapan Sekda

Ia pun berharap, dengan adanya rembuk pendidikan dan kebudayaan ini, akan mendapatkan dan melihat masalah sejernih mungkin, agar bisa dijawab secara jernih dan konkrit pula.

“Juga bagaimana masalah-masalah tersebut bisa kita selesaikan secara bertahap sesuai waktu dan kesempatan yang ada,” ujarnya.

Sebab kata Sekda, tidak mungkin semua masalah bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

“Tetapi tentu kita harus mampu melihat mana yang harus segera diselesaikan dan mana yang nanti belakangan. Mana yang secara bersama-sama, mana urusan masuk dalam konteks dalam pemerintahan daerah secara keseluruhan,” imbuhnya. (Adv/Rihol Igirisa)

Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia