32.1 C
Jakarta
Selasa, Juli 16, 2024

Buy now

Wabup Merlan : Penguatan Fungsi Pengawasan Intern Pemda Amatlah Penting

HIMPUN.ID – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bone Bolango, Merlan Uloli, mengungkapkan, penguatan fungsi pengawasan intern pemerintah daerah, amatlah memegang peran penting dalam proses jalannya roda pemerintahan.

Hal itu disampaikannya, saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) level 4, di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Bone Bolango, bertempat di Ruang Kerja Inspektorat, Selasa(2/3/2021).

Dijelaskannya, pengawasan intern adalah seluruh proses kegiatan audit, review, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi, dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai.

“Dengan dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur, yang telah ditetapkan secara efektif, dan efisien untuk kepentingan
Pimpinan dalam mewujudkan tata kelolah pemerintahan yang baik,” ungkapnya.

Penguatan Terhadap Manajemen

Dikatakannya, sejauh ini, pemerintah Daerah terus memberikan perhatian, yang serius.

“Dan sebagai salah satu upaya, yang perlu dilakukan untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah adalah dengan memberikan
penguatan terhadap manajemen penyelenggaraan pemerintah daerah, yang dapat dijadikan modal dalam menghadapi persoalan-persoalan daerah,” tuturnya.

Ditegaskannya, dan salah satu faktor utama yang dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan pengendalian intern, adalah efektivitas peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) itu sendiri.

“Sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2017, tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah disebutkan, bahwa esensi dari pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, adalah untuk menjamin agar pemerintah daerah berjalan, secara efisien dan efektif, sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan,” pungkasnya.

Reporter : Rihol Igirisa

Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia