30.5 C
Jakarta
Jumat, Juni 21, 2024

Buy now

Aksi AGP-MP Warnai Peringatan Hari Pahlawan di Gorontalo, FM: Keluarga Pejuang Harus Diperhatikan

HIMPUN.ID – Aksi Aliansi Gerakan Pemuda Gorontalo Mengenang Pahlawan (AGP-MP), warnai peringatan Hari Pahlawan di Provinsi yang dijuluki ‘Serambi Madinah’, Rabu 10 November 2021.

Aksi yang dimotori Fadli Melu selaku Jendral Lapangan (Jendlap) tersebut, melakukan unjuk rasa di beberapa titik di Provinsi Gorontalo, yakni, di menara limboto, bundaran HI Kota Gorontalo, Center Point Bone Bolango, dan Perlimaan Telaga.

Keluarga Pejuang Harus Diperhatikan

Fadli Melu dalam orasinya menyampaikan banyak hal, termasuk permintaan kepada semua pihak, untuk memperhatikan keluarga para pejuang kemerdekaan Indonesia.

“Kami meminta keluarga para pejuang harus diperhatikan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Fadli Melu saat melakukan orasi di Center Point Bone Bolango.

Sebab menurut Fadi, sejarah jalannya perjuangan bangsa Indonesia tidak luput dari kontribusi para pejuang kala itu.

“Atau biasa kita kenal dengan Pahlawan” jelasnya.

Dikatakan Fadli, pahlawan ialah pejuang yang rela menyumbangkan darah dan nyawa, dalam rangka memperjuangkan bangsa Indonesia, dan mewujudkan kesejahteraan rakyat baik di tingkat pusat, maupun di tingkat daerah.

“Sehingganya, kaum muda selaku generasi Bangsa di era kekinian diharapkan tidak melupakan sejarah sebagaiman perkataan sesepuh Bung Karno ‘Jangan sekali-kali Melupakan Sejarah ‘JASMERAH’,” pinta Fadli.

Massa aksi AGP-MP melakukan aksi di Perlimaan Telaga (Foto: himpun.id/Usman Anapia

Semangat Nasionalisme dan Patriotisme

Ditegaskan Fadli, dengan mengingat sejarah pahlawan nasional, kita mampu menumbuhkan semangat Nasionalisme dan Patriotisme, untuk mempertahankan nilai-nilai kebangsaan atas ketimpangan yang terjadi di ‘Bumi Pertiwi’.

“Dengan demikian, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021, sebagai kaum Muda generasi bangsa di era kekinian wajib memberikan apresisasi terhadap para Pahlawan dengan segala bentuk kegiatan, dan salah satu yang bisa dilakukan adalah Aksi Kepahlawanan,” terang Fadli.

Fadli mengungkapkan, aksi tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk apresiasi dalam mengenang jasa Pahlawan.

“Dalam aksi ini kami membawa beberapa himbauan kepada Pemerintah Daerah dan Juga Masyarakat secara umum, agar dapat memperhartikan dan mengangkat derajat para keluarga Pahlawan, sebagai bentuk terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Pahlawan di Bumi Pertiwi,” harap Fadli.

Hal senada juga disampaikan Karim Thalib salah satu orator aksi.

Ia mengatakan, aksi AGP-MP dimomentum peringatan hari pahlawan untuk menumbuhkan jiwa Nasionalisme, dan patriotisme.

“Karena tanpa perjuangan para pahlawan, kami tidak akan pernah hidup nyaman,” katanya.

Sebelum menggelar aksi, Fadli Melu selaku Jendral Lapangan (Jendlap) dan massa yang mengambil titik aksi di Kabupaten Bone Bolango, melakukan salat gaib di Makam Pahlawan Nasional Gorontalo, Hi. Nani Wartabone.

Fadli Melu saat melakukan tabur bunga di Makam Pahlwan Nasional Gorontalo Hi. Nani Wartabone usai melaksanakan Salat Goib.

Untuk diketahui, aksi AGP-MP terdiri dari orasi Ilmiah tentang Kepahlawanan, Puisi, Teathrical, Salat Gaib, Tabur Bunga.

Terinformasi massa aksi yang tergabung dalam AGP-MP yakni, Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Al-Farabi, Ibnu Rusyd, Pertanian, Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia Sulawesi (FL2MI), Senat Mahasiswa Fakultas Syariah, Dewan Mahasiswa Eksekutif Syariah Wilayah Indonesia Timur, Forum Intelektual Mahasiswa Peduli Bone Bolango, Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Tatanegara, Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Pidana Islam. (HP1)