Bisa Menimbulkan Masalah Kesehatan, Ini Resiko Batu Ginjal Jika Tidak Diobati

Bisa Menimbulkan Masalah Kesehatan, Ini Resiko Batu Ginjal Jika Tidak Diobati (Tangkap layar YouTube/Saddam Ismail)

HIMPUN.ID – Setiap orang sebelum mengalami batu ginjal, akan ada gejala awalnya.

Sangat penting untuk mengetahui gejala awal jika akan kena batu ginjal.

Bahkan sangat penting untuk mengetahui cara agar ginjal tidak rusak.

Nah lantas apa resiko, gejala akan kena batu ginjal dan cara menjaga ginjal kita agar sehat?

Berikut penjelasan dokter Saddam Ismail terkait batu ginjal tidak di obati, dikutip himpun.id Senin 8 Agustus 2022, dari video yang diunggah di kanal YouTube Saddam Ismail.

Penjelasan dr Saddam Ismail

Advertisement

Dijelaskan dokter Saddam Ismail, pada umumnya orang akan mengeluhkan sakit di bagian punggung, ataupun sakit perut yang menembus sampai ke pinggang, dan nyeri hebat atau nyeri yang sudah tidak tertahankan bisa menyebabkan mual, muntah, dan demam. Serta ada ganguan lain ketika buang air kecil bisa merasakan panas, dan rasa sakit.

“Kalau batu ginjalnya kecil kaya sebesar pasir, mungkin teman-teman bisa keluarkan melaului kencing, ketika di raba kencingnya terasa seperti ada pasirnya, itu biasa keluar kalau ukurannya kecil. Nah tetapi kalau ukuran besar tidak bisa keluar, itu bisa menimbulkan masalah pada kesehatan lainnya, ataupun komplikasi,” jelas dokter Saddam Ismail.

Dikatakan dokter Saddam Ismail, ada beberapa faktor yang menyebabkan jika batu ginjal tidak di obati, diantaranya:

Pertama – pembengkakakan ginjal, ketika urine tersumbat oleh batu ginjal, ini akan menyebabkan urine terganggu, yang seeharunya urine ini bisa lancar menuju kandung kemih, ya ahkrinya nanti urine ini bisa menumpuk di ginjal teman-teman, ahkrinya ginjal teman-teman bisa bengkak karena urin gagal menuju kandungan kemih.

“Kalau dalam bahasa menisnya ginjal bengkak di sebut dengan hidronefrosis, dan ini ada lagi tingkat-tingkat keparahnya. Hidronefrosis ini tidak bolh di anggap remeh karna biasa nanti meruka ginjal secara permanen,” terang dokter Saddam Ismail.

Baca juga:Cara Menghilangkan Bau Mulut, Begini Penjelasan Dokter Saddam Ismail

Baca juga:Cara Mengatasi Wajah Merah Bengkak Setelah Facial, Begini Penjelasan Dokter Saddam Ismail

Kedua – abstruksi ureter, abstruksi ureter ini penyumbatan saluran dari ginjal kandungan kemih, salauran ini biasanya besar diameternya 3 sampai 4 mili meter, ketika ada batu ukuran lebih besar dari itu kemungkinan menyumbatnya menyebabkan abstruksi ataupun terseumbat.

“Sumbatan ini bisa terjadi di salah satu sisi ataupun kedua sisi, ya kalau tersumbat ini merupakan kondisi tidak bisa di anggap remeh akan menyebabkan ginjal bisa bengka, nanti bisa rusak ginjalnya, tutur dokter Saddam Ismail.

Ketiga – kencing berdarah, kencing berdarah itu terjadi karena memang ada sel darah merah di dalam urine teman-teman, yaitu bisa saja teman-teman saat kencing itu tidak nampak kemerahan tapi setelah di periksa di laboratorium ternyata wrana urinenya ada perubahan.

“Ada juga bisa dilihat ketika kencing ada warna kemerahan, ataupun merah mudah, atau kecoklatan, ini terjadi karena saluran kencing teman-teman mengalami luka akibata batu ginjal, kata dokter Saddam Ismail,”.

“Intinya kalau dalam pendarahan dalam jumlah minimal, tidak akan merubah wrna urine teman-teman tapi setelah di periksa akan ketahuan, kecuali jumlahnya agak banyak itu baru bisa di lihat dengan mata sendiri,” lanjutannya.

Keempat – infeksi ginjal, infeksi ginjal ini bisa trjadi ketika teman-teman saluran kencingnya tidak lancar karena ada batu, infeksi ginjal atau pielonefritis ini bisa mengenai stau sisi ataupun kedua sisi disebabkan biasa dari virus dan bakteri, dan yang paling umum itu disebabkan oleh bakteri.

“Kalau teman-teman mengalami infeksi ginjal bisa dedam, bisa trasa panas saat buang air kecil, bisa sering buang air kecil , bisa kadang sampai mengigil, karena banyak orang salah mengira katanya malaria ternyata itu infeksi ginjal,” ucap dokter Saddam Ismail.

Kelima – bakteri didalam darah, bakterimia ataupun bakteri yang trdapat pada di dalam darah ini bisa terjadi ketika teman-teman ada batu ginjal, kemudia mengalami infeksi ginjal, karena tugas ginjal itu menyaring darah, kemudin bisa membuang sisa metabolisme.

“Karena tugasnya meyaring darah bisa sja nanti bakteri itu berada di dalam darah teman-teman, ya ahkrinya teman-teman daya tubuhnya kewalahan mengalami infeksi bakteri, sehingganya tubuh mengalami keracunan, ungka dokter Saddam Ismail.

Keenam – urossepsis, urossepsis ini merupakan istilah medis untuk mengambarkan sepsis yang diakibatkan oleh infeksi yang terjadi pada saluran kemih, termasuk infeksi ginjal. Sepsis ini terjadi ketika infeksi dalam tubuh memicu infeksi lain diseluruh tubuh teman-teman, ketika sepsis tubuh akan melepaskan zat-zat kimia secara berlebihan untuk melawan infeksi di dalam tubuh.

“Akibatnya akan ada ganguan oksigen, nutrisi, teman-teman bisa deman, nadi biasa cepat, nafas bisa cepat, tekanan darah bisa turun , dan kemudi nanti bisa mengalami gangguan syok sepsis, nah ini kndisi yang mengancam nyawa, kata dokter Saddam Ismail.

Ketujuh – kerusakan ginjal, ketika batu ginjal menyumbat ini akan beresiko ginjal bisa rusak, karena fungsi ginjal untuk membuuang cairan, membuang urine itu akan terganggu jadi dia bisa bengkak lama akan beresiko rusak.

“Kalau ginjal rusak, ginjalnya tidak bisa menjalanka fungsinya, seperti menyaring darah, membuang kelebihan cairan , membuang zat sisa metabolisme, mengatur keseimbangan cairan, dan ahkrinya tubuh jadi tidak bersih ataupu tubuh bisa keracunan, sehingga keruskan ginjal akan rusak secara bertahap, dan peralahan-lahan aklkan menimbulkan gejala,” papar dokter Saddam Ismail.

Diahkir penyampaian dokter Saddam Ismail menagatakan, untuk menjaga ginajal agar tidak rusak disarankan untuk selalu minum air putih.

“Dan kuranngai-kurangi minum yang ada dalam kemasan, kurangi mengosumsi makanan tinggi garam, jaga badan supaya tidak obesitas,” tutup dokter Saddam Ismail.

Advertisement

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini