Cara Menghilangkan Bau Mulut, Begini Penjelasan Dokter Saddam Ismail

Cara Menghilangkan Bau Mulut, Begini Penjelasan Dokter Saddam Ismail

HIMPUN.ID – Bau mulut tentu sangatlah tidak baik untuk kesehatan kita, dengan adanya bau mulut bisa mengurangi rasa percaya diri.

Apa sebenarnya penyebab bau mulut pada diri kita?

Dan bagaimana cara mengatasinya agar bisa terhindar dari penyakit bau pada mulut,
Berikut ini ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut, disampaikan dokter Saddam Ismail, dikutip himpun.id Rabu 3 Agustus 2022, dari video yang diunggah di kanal YouTube Saddam Ismai.

Penjelasan dokter Saddam Ismail

Dijelaskan dokter Saddam Ismail, bau mulut ini bisa terjadi pada siapa saja, karena kondisi bau mulut akan berdampak pada kurang percaya diri, dan rasa minder.

“Ya apalagi kalau berbincang-bincang dengan orang lain tersebut akan merasa terganggu, ataupun tidak nyaman karena bau mulut sama kita,” jelas dokter Saddam Ismail.

Advertisement

Cara Sederhana Menghilangkan Bau Mulut

dokter Saddam Ismail mengatakan, ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut.

Pertama – membersihkan lidah, teman-teman mungkin tidak sadar ataupun tidak tahu, bahwa lidah ini bisa menjadi penyebab bau mulut, karena bisa jadi ada plak dan selaput, kemudian bisa jadi sarang bakteri sehingga bisa penyebab bau mulut.

Membersihkan lidah ini bisa kita jadikan sebagai rutinitas, ataupun kebiasaan sehari-hari, karena sikat gigi sekarang rata-rata bagian atasnya itu bisa digunakan sebagai untuk membersihkan lidah, ataupun kita bisa membersihkan dengan pembersih lidah.

Untuk membersihkan lidah, yaitu gosok pada pangkal sampai ke ujung, tapi gosoknya jangan terlalu keras, ya pelan-pelan saja setelah itu baru kumur-kumur hingga bersih.

Kedua – sikat gigi, jika teman-teman tidak sika gigi ataupun malas sikat gigi jangan heran kalau mulutnya jadi bau, untuk teman-teman harus rutin sikat gigi setiap hari, pagi dan malam.

Baca juga:Cara Mengatasi Wajah Merah Bengkak Setelah Facial, Begini Penjelasan Dokter Saddam Ismail

Baca juga:Cara Mengatasi Asam Lambung, Begini Penjelasan Dokter Saddam Ismail

Kalau giginya bersih akan menurunkan resiko gigi yang berlubang, kemudian kalau giginya bersih mulutnya tidak akan bau karena tidak ada lagi sisa-sisa makanan, apalagi di malam hari itu bakteri lebih aktif di malam hari.

Kemudian gunakan sikat gigi yang mengandung flourida, ini akan membantu juga untuk melindungi gigi teman-teman dari kerusakan.

Untuk sikat gigi teman-teman jangan asal sikat gigi sembarangan, gunakan teknik sikat gigi yang benar, jangan terlalu kuat sikat giginya nanti akan melukai gusinya.

Selanjutnya untuk sikat gigi rutin-rutin diganti dalam jangka waktu 3 bulan, ataupun teman-teman bisa menggantinya kurang dari jangka waktu 3 bulan kurang lebih dari satu bulan juga boleh.

Ketiga – minum air putih, teman-teman bau mulut juga bisa disebabkan kalau kita sedikit minum air putih atau mulutnya kering. Kalau mulutnya kering bisa jadi pemicu bau mulut karena bakteri itu bisa berkembang biak di kondisi yang kering, apalagi air liurnya hanya sedikit.

Dengan teman-teman minum air putih akan menciptakan lingkungan yang lembab, kemudian juga bisa merangsang produksi air liur, sehingganya itu bisa membantu menghilangkan bau mulut teman-teman.

Disini teman-teman jangan minum yang mengandung kafein, dan juga minum yang manis-manis cukup air putih saja.

Keempat – flossing gigi, teman-teman gampang membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi, di antara gigi dan di sela-sela gigi, karena biasanya di sela-sela gigi itu sikat gigi tidak bisa menjangkaunya, dengan menggunakan benang gigi bisa membantu membersihkan sela-sela gigi, kalau ada sisa makanan di sela-sela gigi itu bisa menyebabkan penyebab bau mulut, kemudian juga nanti giginya bisa rusak, karena ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

Dalam membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, jangan menariknya terlalu keras pelan-pelan saja, ya ikuti cara yang benar, nanti malam gusinya bisa jadi berdarah jadi bisa luka.

Kelima – pakai obat kumur, teman-teman yang memakai obat kumur bukan berarti sudah tidak sikat gigi lagi, ya tetap harus sikat gigi.

Menggunakan obat kumur sehabis teman-teman sikat gigi untuk membuang sisa-sisa dari makanan, dan juga untuk menghindari terjadinya plak.

Teman-teman dalam menggunakan obat kumur jangan memakai yang ada kandungan alkoholnya karena ini bisa membuat mulut teman-teman jadi kering, kalau mulut kering nanti bisa menyebabkan bau mulut.

Keenam – soda kue, teman-teman sudah kue ini bisa membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Caranya mudah sekali teman-teman, dengan cara ambil soda kue sekitar dua sendok teh masukkan kedalam satu gelas air hangat, kemudian aduk-aduk sampai rata baru bisa di kumur-kumur sekitar 30 detik, bukan di telan.

Kemudian kita buang lalu kita kumur-kumur dengan air biasa untuk membilasnya, nah itu bisa rutin digunakan agar menghilangkan bau mulut.

Ketujuh – hindari makanan penyebab bau mulut, untuk menghindari bau mulut, teman-teman harus mampu menghindari makanan-makanan penyebab bau mulut.

Seperti mengonsumsi makan kaya bawang putih, pete, jengkol, ataupun makanan penyebab bau mulut lainnya.

Jika teman-teman suka, ya teman-teman bisa mengkonsumsinya, bukan dilarang paling tidak kurangi konsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut.

Kedelapan – berhenti merokok, bau mulut orang yang merokok ataupun perokok aktif kas baunya sangat pekat.

Teman-teman harus berhenti merokok karena merokok bisa menyebabkan masalah di mulut, mulut jadi kering, gigi terdapat noda kuningnya, ada masalah pada gusinya, ada penyakit gusinya, jadi penyebab teman-teman jadi bermasalah pada kesehatan mulutnya.

Jadi teman-teman bagi yang belum berhenti merokok, bisa di kurang-kurangi sampai teman-teman berhenti total karena merokok memang tidak bermanfaat.

Terakhir, kata dokter Saddam Ismail, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, disarankan untuk kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

“Ya jadi ini untuk memantau kalau ada gigi yang berlubang atau tidak, kalau ada karang gigi ya dibersihkan karangnya, karena karang gigi juga menjadi penyebab bau mulut, serta gigi-gigi yang berlubang akan menjadi penyebab bau mulut, itu pentingnya rutin berkonsultasi,” tutup dokter Saddam Ismail.

Advertisement

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini