Jalani Prosesi Adat Molo’opu, Camat Baru Buntulia Harap Arahan dan Bimbingan

Prosesi Adat Molo'opu Rumah Dinas (Rudis) Camat Buntulia Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato. (Foto: Himpun.id/Mohamad Reza Ali)

HIMPUN.ID – Camat baru Buntulia mengikuti prosesi upacara adat di Rumah Dinas (Rudis) yang diawali dari kediaman pribadi Camat Syaiful Hunta, di Desa Botubilotahu Kecamatan Marisa dan menuju Rumah Dinas (Rudis) Camat di Desa Buntulia Utara Kecamatan Buntulia, Selasa 17 Januari 2023.

Camat Buntulia Syaiful Bahri Hunta jalani Prosesi Adat Molo’opu, di Yiladia Rumah Dinas Camat Buntulia, Kabupaten Pohuwato.

Pada saat upacara adat molo’opu berlangsung, Camat Syaiful Bahri Hunta bersama istrinya memakai pakaian adat, Syaiful mengenakan pakaian adat Takowa Daa berwarna hijau, sedangkan Istrinya menggunakan pakaian adat Galenggo.

Baca juga:Suleman Lakoro Desak Setiap OPD Segera Lakukan Analisis Kegiatan Lintas Bidang

Setelah usai melaksanakan prosesi adat tersebut, Camat Syaiful Hunta menyampaikan bahwa, prosesi adat molo’opu bagi dirinya sangat luar biasa.

Pangakuan Syaiful, ia merinding dengan tu’jai yang di sampaikan oleh para pemangku adat.

Advertisement

“Satu yang ada dalam hati dan pikiran saya tadi, Insya Allah saya bisa memaknai dan melaksanakan dan bisa mengamalkan apa saja isi dari tu’jai tadi,” kata Syaiful.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pohuwato menuturkan, bahwa dalam menjalankan proses adat, dirinya sangat menghargai proses yang ada, hal tersebut akan menjadi pegangan dirinya dalam menjalankan tugas sebagai Camat.

“Jujur saya masih banyak kekurangan, untuk itu saya mohon dukungan, bantuan serta petunjuk dan arahan dari para senior-senior Camat, saudara-saudara, teman-teman, seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Buntulia. Kami harap dukungannya, mengharapkan support atas segala apa yang harus saya lakukan dan mana yang tidak boleh saya lakukan dan itu penting buat saya,” kata Syaiful.

Harapan Camat Baru Buntulia

Syaiful berharap agar selalu dibimbing dan diingatkan dalam menjalankan tugas, agar semuanya bisa berjalan sesuai keinginan bersama.

“Kalau saya berbuat salah, tolong segera ditegur jangan di biarkan berlarut-larut dalam kesalahan dan jika perbuatan saya benar mohon supportnya, supaya lebih bisa ditingkatkan, dan itu yang menjadi harapan saya. Insya Allah dengan tu’jai tadi saya akan amalkan itu, atas izin Allah SWT,” ungkapnya.

Reporter: Mohamad Reza Ali
Advertisement

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini