Ketum PJS Umumkan Struktur DPP, Ini Jabatan Anton Charlian dan Troy Pomalingo

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) menggelar Silaturahim Akhir Tahun 2022 yang dirangkaikan dengan pengumuman struktur pengurus DPP PJS periode 2022-2027, Kamis malam 29 Desember 2022 secara zoom meeting. (Foto: Dok. DPP PJS)

HIMPUN.ID, JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) menggelar Silaturahim Akhir Tahun 2022 yang dirangkaikan dengan pengumuman struktur pengurus DPP PJS periode 2022-2027, Kamis malam 29 Desember 2022 secara zoom meeting.

Kegiatan yang dipandu oleh Pengurus DPD Lampung dibuka Sekretaris Jenderal DPP PJS, Taswin Hasbullah.

Ketua Umum DPP PJS, Mahmud Marhaba yang terpilih pada Musyawarah Nasional (Munas) I di Hall Dewan Pers Jakarta 25 November 2022 lalu membacakan nama yang masuk stuktur DPP PJS.

Struktur itu terbilang ramping. Hanya ada 15 personil yang diakomodir dalam mengisi jabatan yang ada.

Mahmud Marhaba dalam sambutannya mengatakan jika agenda utama PJS tahun 2023 adalah mendaftarkan PJS sebagai konstituen Dewan Pers.

Sementara agenda panjang PJS adalah menjadikan setiap anggota PJS kompeten dengan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang merupakan cita-cita dan harapan Dewan Pers.

Advertisement

“Agenda PJS harus berlandaskan pada visi PJS itu sendiri yakni menjadikan jurnalis berintegritas, kompeten dan profesional. Visi ini harus dihayati dan dilaksanakan oleh setiap pengurus dan anggota PJS disemua tingkatan. Jika semua memahami visi PJS maka segala tindakan akan terukur dan mendasarkan pada visi ini,” sentil Mahmud yang tak pernah bosan mengungkapkan visi PJS disetiap pertemuan.

Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Ketua Dewan Pembina DPP PJS Irjen Pol (P) DR. Anton Charlian dan Ketua Dewan Pakar DPP PJS, Troy Pomalingo, MA.

Kedua tokoh pers ini merupakan orang yang mempuni, pemilik media dan memiliki pengalaman dengan dunia jurnalistik. Makanya tak heran jika pilihan untuk kedua jabatan itu diberikan oleh Ketua Umum DPP PJS.

“Mereka akan menjadi mentor kita nanti. Segala pengalaman dan kemampuan yang mereka miliki akan dicurahkan untuk membangun PJS kedepan. Saya sudah bertemu dengan keduanya dan siap berkomitmen untuk membangun PJS lebih besar lagi. Demikian juga dengan personil lainnya. Semua punya komitmen yang sama,” ungkap Mahmud saat memberi sambutan setelah membacakan sturktur DPP PJS periode 2022-2027.

Ketua Dewan Pakar, Troy Pomalingo dalam sambutannya mengatakan jika dirinya terpanggil untuk bergabung bersama PJS karena melihat aura organisasi pers ini bakal besar. Animo anggota yang ikut hingga ke suluruh kabupaten kota dengan membentuk DPC merupakan tanda nyata jika ada kepercayaan yang tinggi atas organisasi ini. Dirinya pun menyadari jika sumber daya wartawan wajib dibenahi untuk menghasilkan karya jurnalisitik yang baik dan benar.

“Banyak wartawan yang masih minim pengetahuannya dalam membuat berita yang baik dan benar. Ini jadi tugas kita bersama. PJS wajib membentuk wartawan menjadi profesional dan saya senang karena itu jadi visi besar PJS. Ini adalah hal yang luar biasa,” ungkap Troy yang pernah bergelut dengan media cetak di era 90-an.

Demikian halnya dengan Ketua Dewan Pembina, Irjen Pol (P) Dr. Anton Charlian yang merupakan mantan Kepala Divisi Humas Polri mengatakan jika dirinya siap berjuang bersama seluruh wartawan di tanah air melalui wadah PJS.

Baca juga:Peduli Korban Banjir, Wakil Ketua DPRD Boalemo Serahkan Bantuan

Sebagai orang yang pernah berada di dunia birokrat kepolisian, Abah Anton demikian dirinya disapa mengatakan jika wartawan yang tergabung di PJS harus memberikan kontribusi yang nayata atas bangsa ini.

“Saya minta agar setiap anggoota PJS wajib berperan aktif dalam membangun bangsa ini, apalagi tahun depan kita akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Umum. Kita harus memberikan kontribusi positif dengan mengedukasi masyarakat agar tidak terpengaruh dengan berita bohong dan hoax, apalagi sampai turut menyebarluaskannya. Ini harus menjadi bagian kita yang memiliki kapasitas dibidang jurnalisitik,” ungkap Anton Charlian yang baru saja menjabat Ketua Dewan Pembina DPP PJS.

Dirinya pun menyinggung soal para wartawan dalam mengembangkan tugas mulai itu untuk landaskan kerjanya pada undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalisitik.

Kegiatan silaturahim akhir tahun itu dihadiri oleh seluruh Pengurus DPD dan DPC se Indonesia. Turut hadir jajaran Dewan Pembina DPP PJS Rusmin Abdul Gani, SE, jajaran Dewan Pakar DR. Muh Nasir, SH., M.HUM.

Berikut Struktur DPP PJS Periode 2022-2027

DEWAN PENASEHAT : Prf. DR. Ir. H. Fadel Muhammad, Peter Ciputra

DEWAN PEMBINA
Ketua : Irjend Pol (P) Dr. Drs. H. Anton Charliyan, M.P.K.N
Anggota : Zulfikar Fuad
Anggota : H. Saipul Mbuinga
Anggota : Rusmin Abdul Gani, SE

DEWAN PAKAR
Ketua : Troy Pomalingo, MA
Anggota : Wendy Dharmawan
Angggota : Nasir Giasi, S.Pd., M.Si
Anggota : DR. H. Muh Nasir, SH,. M.HUM
Anggota : Taufan Nugrogo

DEWAN PENGURUS

KETUA UMUM : Mahmud Marhaba
Ketua DPP Divisi Organisasi & Keanggotaan : Ridwan Mooduto
Ketua DPP Divisi Kerjasama Lembaga & Kemitraan: Eko Suprihatmoko
Ketua DPP Divisi Hukum & Advokasi Jurnalis : Adv Asmanidar, SH
Ketua DPP Divisi Pendidikan, Pelatihan & Kompetensi : Hardaning Tyas
Ketua DPP Divisi Hubungan Internasional : Adv Budi Candra, SH
Ketua DPP Divisi Informasi & Teknologi : Wahidin Noer Karim
Ketua DPP Divisi Talenta Jurnalis : Yanto Budiman Situmeang
Ketua DPP Divisi Pemberdayaan Jurnalis Perempuan: Wiwin Alfianti

SEKRETARIS JENDERAL : Taswin Hasbullah
Wakil Sekjen Divisi Kesekretariatan & Keanggotaan : Abd Rasyid Zaenal
Wakil Sekjen Divisi Hukum & Advokasi Jurnalis : Adv Ismail Abas, S.HI
Wakil Sekjen Divisi Kerjasama Kelembagaan : Saiful Amri

BENDAHARA UMUM : Benny Andrios
Wakil Bendum Divisi Kemitraan & Aset : A. Nanda Arita
Wakil Bendum Divisi Perlengkapan Lembaga : Maulana Hasanudin. (Rls DPP PJS)

Advertisement

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini