30.1 C
Jakarta
Sabtu, April 13, 2024

Buy now

Manfaat Buah Sukun, Yuk Lihat!

HIMPUN.ID – Di Indoenesia sangat banyak buah-buahan yang dapat dinikmati masyarakat. Daiantara banyaknya buah yang ada, adalah buah sukun.

Buah sukun memiliki tekstur daging yang berserat dan empuk seperti roti.

Banyak manfaat dari buah sukun untuk manusia. Tak heran orang Eropa menyebut buah sukun sebagai buah roti atau breadfruit.

Buah sukun banyak ditemukan sebagai tanaman pekarangan untuk diambil buahnya. Buah sukun dapat diolah dengan direbus, digoreng, disangrai atau dibakar.

Selain itu bisa juga diolah menjadi keripik dengan diiris tipis – tipis lalu digoreng.

Baca juga: Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Anemia

Advertisement

Bahkan di daerah Pasifik, sukun digunakan sebagai sumber karbohidrat dan digunakan sebagai salah satu makanan pokok pengganti roti.

Buah sukun merupakan buah yang tidak mempunyai biji dan tumbuh di beberapa wilayah kepulauan daerah tropis. Pohon sukun pada umumnya memiliki batang besar dan lurus, bisa mencapai tinggi 30 meter.

Tapi di daerah pedesaan tingginya biasanya hanya mencapai belasan meter saja. Tumbuhan ini berdaun besar bersusun berselang – seling dengan lebar daun 20-40 x 20-60 cm, bentuk tulang daun menyirip, berwarna hijau tua yang mengkilap di bagian atas, serta kasar dan berbulu halus di bagian bawah.

Bertajuk renggang, terdapat kuncup yang tertutupi daun penumpu besar berbentuk kerucut.

Dibanding bahan makanan lain, seperti ubi, ketela pohon, maupun kentang, buah sukun memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang lebih tinggi. Buah sukun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi tetapi rendah kalori.

Baca juga: Manfaat Talas untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Baca!

Bahkan kandungan karbohidrat pada buah sukun setara dengan kandungan karbohidrat yang terdapat pada beras. Kandungan kalori yang rendah menjadikan buah sukun sebagai makanan yang cocok untuk menu diet sehat.

Sukun memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, baik vitamin maupun mineral. Di samping itu, buah sukun juga mengandung beberapa zat fitokimia penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama kandungan asam amino esensial, seperti methionin, isoleusin, lysine, vialin, histidine, serta tryptophan.

Sebenarnya pohon ini berasal dari Polynesia dan sekarang sudah menyebar ke Malaysia, Sri langka dan di beberapa kepulauan pasifik lainnya salah satunya Indonesia. Buah sukun termasuk ke dalam genus Artocarpus dan dalam family Moaccea seperti pohon nangka dan pohon cempedak.

Kandungan Nutrisi Buah Sukun

Kandungan nutrisi buah ini termasuk cukup tinggi. Berikut kumpulan nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam sukun, dilansir dari laman hortikultura.pertanian Rabu 8 Desember 2021.

1. Karbohidrat
2. Protein
3. Serat
4. Lemak
5. Niacin
6. Folates
7. Pyridoxine
8. Thiamin
9. Riboflavin
10. Vitamin A
11. Vitamin E
12. Vitamin C
13. Vitamin K
14. Sodium
15. Kalsium
16. Kalium
17. Tembaga
18. Magnesium
19. Besi
20. Mangan
21. Selenium
22. Fosfor
23. Seng
24. Karoten-ß –
25. Lutein-zeaxanthin
26. Crypto-xanthin-ß

Khasiat Buah Sukun

Banyaknya kandungan gizi yang terdapat dalam buah sukun ini ternyata menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan dan membantu mengatasi beberapa jenis penyakit. Berikut ini ulasan manfaat buah sukun bagi kesehatan.

1. Kaya serat

Buah sukun sangat bemanfaat bagi para pengidap diabetes karena kandungan seratnya dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Menurut penelitian menunjukan bahwa bila kita mengkonsumsi buah sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

2. Kenyang lebih lama

Buah sukun sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena buah ini tanpa meningkatkan asupan kalori dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Sehingga seseorang akan merasa aktif dan energik saat mengkonsumsinya.

Baca juga: Menjaga Imun Tubuh dengan Buah Segar

3. Makanan diet

Untuk orang yang menderita obesitas, buah sukun merupakan pilihan yang tepat. Mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangat ideal untuk dimasukkan ke dalam daftar menu diet Anda.

4. Sumber omega 6 dan omega 3

Menurut para ahli, memakan buah sukun dapat membantu pertumbuhan anak yang sedang tumbuh kembang. Selain itu dapat membantu pertumbuhan otak besar mereka karena buah sukun mengandung asam lemak omega 3. Ditambah lagi adanya sepasang asam lemak esensial yang juga baik untuk kesehatan jantung.

5. Sumber Antioksidan

Mengkonsumsi buah sukun secara teratur akan membuat kulit sehat baik luar maupun dalam. Menurut penelitian terbaru, ditemukan antioksidan dalam buah sukun yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Dengan memakan buah sukun secara wajar seseorang akan mendapatkan kulit yang halus dan bersinar.

6. Obat susah buang air besar

Kadar serat yang tinggi pada buah sukun dapat berperan dalam melancarkan buang air besar dengan cara rutin mengkonsumsinya. Selain itu juga dapat mengeluarkan racun dari usus.

7. Bagus untuk kecantikan

Adanya kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun sangat bagus untuk kecantikan kulit. Selain itu juga buah sukun juga kaya dengan kandungan vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit.

Baca juga: Tiga Jenis Kunyit dan Khasiatnya

8. Sumber vitamin dan mineral untuk rambut

Adanya kandungan asam lemak omega 6 pada buah sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan folikel rambut. Hasil yang didapatkan rambut tidak mudah rontok, sehat dan menguatkan akar rambut serta mencegah kebotakan. Selain itu buah sukun mampu mengusir timbulnya ketombe pada rambut.

Sumber : hortikultura.pertanian

Advertisement

Advertisement
Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia