27.3 C
Jakarta
Kamis, Juni 13, 2024

Buy now

Nakes Puskesmas Paguyaman Pantai Melakukan Inspeksi Kesling

HIMPUN.ID – Dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan yang bersih dan sehat, Tenaga Kesehatan Puskesmas Paguyaman Pantai melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL), Rabu 24 April 2024.

Inspeksi Kesling dilakukan pada Tempat Fasilitas Umum (TFU) seperti, Sekolah, Kantor dan Masjid yang ada di wilayah kerja Puskesmas Paguyaman Pantai.

Dalam kegiatan tersebut, petugas melakukan pengamatan dan pencatatan hasil pada formulir.

Penanggung jawab program (Pj) Sri Yunangsih Talib, S.KM., mengatakan, tujuan dari kegiatan IKL adalah untuk memastikan serta melakukan pengawasan sanitasi, sehingga lingkungan di sekitar tempat tersebut dapat selalu menghadirkan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Dalam IKL ada penilaian tersendiri yang dilakukan untuk menentukan tempat tersebut memenuhi kelayakan kesehatan lingkungan,” kata Pj Sri Yunangsih.

Harapan Penanggung Jawab Program

Lebih lanjut PJ Sri Yunangsih menyampaikan, dalam pengawasan sanitasi pada fasilitas tempat umum tersebut, membina dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, dan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit menular.

“IKL merupakan serangkaian kegiatan pengawasan tempat umum yang memiliki potensi sebagai tempat terjadinya penularan penyakit, pencemaran lingkungan ataupun gangguan kesehatan lainnya,” ucapnya.

Yunangsih berharap, peran serta, komitmen dan partisipasi aktif dari masyarakat, untuk mendorong terwujudnya lingkungan yang sehat.

Reporter: Abdurrahman Agunta