13 Cara Ponsel Mempengaruhi Tubuh dan Pikiran Anda

Ilustrasi ponsel Pixabay/Karolina Grabowska
Cara Ponsel Mempengaruhi Tubuh dan Pikiran Anda, Ilustrasi ponsel Pixabay/Karolina Grabowska

HIMPUN.ID – Di zaman yang serba mengandalkan teknologi saat ini, ponsel menjadi alat komunikasi cukup favorit di semua kalangan.

Sebab, keberadaan ponsel sangat membantu kehidupan manusia.

Namun, apakah ponsel dapat berpengaruh negatif untuk tubuh dan pikiran?

Pernahkah anda memikirkan dampak dari penggunaan ponsel yang berlebihan?

Untuk membahasnya, berikut ini, 13 cara ponsel mempengaruhi tubuh dan pikiran Anda, dikutip himpun.id dari thehealthy Senin 24 Januari 2022 :

1. Itu bisa membuatmu tetap aman

Advertisement

Pertama, beberapa kabar baik. Ponsel Anda dapat membuat Anda lebih aman.

Sebuah studi di Journal of Emergency Medicine yang menganalisis pengiriman darurat selama periode 11 tahun mengungkapkan bahwa 137 lebih banyak nyawa diselamatkan per 100.000 pasien ketika orang menelepon 911 dari ponsel daripada dari telepon rumah.

2. Itu mengacaukan tidurmu

Tapi ada banyak kekhawatiran juga. Memindai ponsel Anda tepat sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda.

Panjang gelombang pendek, cahaya biru terang yang dipancarkan perangkat Anda meningkatkan perhatian Anda di siang hari, tetapi di malam hari cahaya dapat menghambat produksi melatonin, yang membantu Anda tertidur.

Baca juga:Alasan Orang Benci Suara Mengunyah, Baca Yuk!

Untuk menghindarinya, biasakan untuk tidak menggunakan ponsel setidaknya selama 30 menit sebelum menutup mata.

3. Itu membuat Anda tidak fokus

Saat Anda bangun, satu dengungan yang menandakan pemberitahuan baru di ponsel Anda dapat melemahkan kemampuan Anda untuk fokus pada suatu tugas, menurut temuan para peneliti di Florida State University.

Alihkan ponsel Anda ke mode “jangan ganggu” untuk menghilangkan gangguan tersebut.

4. Sisihkan

Menyingkirkan ponsel saat Anda sendirian—daripada membawanya keluar untuk bermain game—dapat membantu menginspirasi ide-ide kreatif.

“Saat Anda bosan, empat area berbeda di otak Anda aktif dan bekerja sama untuk menarik pikiran acak dan menggabungkannya dengan cara yang unik,” kata psikolog Larry Rosen, penulis The Distracted Mind.

5. Itu membuatmu sakit

Orang Amerika sekarang menghabiskan lebih dari lima jam sehari untuk menggesek, mengetik, dan mengetuk—dan merasa pegal karena itu semua.

Baca juga:Dua Pasien Konfirmasi Omicron Meninggal Dunia

“Selfie elbow” adalah cedera regangan yang disebabkan oleh memegang siku pada sudut yang ekstrem, dan 85.000 orang setiap bulan menelusuri “sms thumb” dan istilah serupa di Google.

6. Mereka kotor

Sebagian besar ponsel dipenuhi kuman— sepuluh kali lipat dari jumlah yang Anda temukan di sebagian besar toilet, kata ahli mikrobiologi Universitas Arizona Charles Gerba.

Bersihkan ponsel Anda setiap hari dengan tisu antibakteri ramah gadget atau kain mikrofiber.

7. Bisa bantu diet

Yang mengatakan, ponsel Anda dapat membantu Anda menjadi lebih sehat.

Dalam sebuah penelitian terhadap sukarelawan yang kelebihan berat badan, mereka yang menggunakan aplikasi smartphone untuk mencatat asupan makanan mereka jauh lebih rajin daripada mereka yang menggunakan buku harian atau situs web penurunan berat badan—dan mereka kehilangan berat badan hampir dua kali lipat.

8. Risiko kanker rendah

Paparan radiasi, yang sudah lama dianggap sebagai risiko bagi pengguna telepon kelas berat, mungkin bukan masalah yang signifikan.

Ponsel pintar memang memancarkan radiasi, tetapi sebagian besar bukti ilmiah tidak mengaitkan penggunaan ponsel dengan kanker.

Baca juga:Lahmudin Imbau Semua Pihak Sukseskan Vaksinasi di Boalemo

Satu rancangan studi menemukan bahwa mengekspos tikus lab jantan ke tingkat tertinggi yang diizinkan untuk ponsel dikaitkan dengan satu jenis tumor langka di jaringan sekitar saraf di jantung.

Jika Anda khawatir, gunakan earbud atau headset saat Anda berbicara di ponsel.

9. Peta lebih baik untuk Anda daripada GPS

Menavigasi dengan melihat peta dan mencoba mengingatnya mungkin lebih baik untuk otak Anda daripada secara pasif mengandalkan petunjuk langkah demi langkah dari GPS ponsel Anda.

Para peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang memilih pendekatan yang lebih aktif meningkatkan aktivitas di hippocampus, bagian otak yang penting untuk memori.

10. Itu menghalangi ingatanmu

Memotret dengan ponsel cerdas Anda juga dapat menghambat memori Anda.

Pada tes setelah kunjungan ke museum seni, siswa cenderung tidak mengingat objek yang telah mereka ambil fotonya. “Begitu Anda menekan ‘klik’ pada kamera itu, seolah-olah Anda telah mengalihdayakan memori Anda,” kata psikolog Linda Henkel.

11. Sakit matamu

Ponsel Anda dapat melakukan angka di mata Anda. Sekitar 60 persen orang Amerika mengalami gejala ketegangan mata digital, seperti kekeringan, iritasi, penglihatan kabur, kelelahan mata, dan sakit kepala.

Baca juga:7 Manfaat Tomat, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

Cobalah sering berkedip, memperbesar ukuran font, dan berhenti sejenak dari layar setiap 20 menit.

12. Ini bisa menjadi bahaya saat berjalan

Kita semua tahu bahwa berjalan-jalan di kota dengan wajah di telepon bisa berbahaya, dan ada penelitian yang menggarisbawahi hal itu.

Pejalan kaki kota yang menggunakan ponsel mereka lebih jarang melihat ke kiri dan ke kanan dan lebih mungkin ditabrak kendaraan, menurut tinjauan studi tentang jalan yang terganggu di Journal of Traffic and Transportation Engineering.

Dalam eksperimen kecil lainnya, 94 persen pejalan kaki yang menggunakan ponsel untuk berbicara dan mengirim pesan teks tidak melihat uang tunai tergantung di pohon.

13. Tidak mudah untuk menjatuhkan

Akan mudah untuk menghindari semua penyakit ini hanya dengan meletakkan telepon Anda. Masalahnya: Tidak begitu mudah. Kecemasan perpisahan telepon itu nyata.

Baca juga:Anas Jusuf Harap Momen Hari Patriotik Mampu Memotivasi Kaum Muda

Faktanya, kata Rosen, melepaskan diri dari ponsel dapat menyebabkan otak melepaskan hormon stres kortisol.

Tentu saja, ada banyak aplikasi telepon (dengan nama yang menenangkan, seperti Forest dan Mute) untuk membantu Anda mengontrol kecanduan telepon Anda.

Atau Anda bisa membiarkan baterai habis dan melupakannya!

Sumber: thehealthy

 

 

Advertisement

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini