Bangkitkan Wisata Kebugaran, Kemenparekraf Dukung Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022

Kemenparekraf Dukung Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022 (Foto: Dok. kemenparekraf)

HIMPUN.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung ajang _Indonesia Wellness and Health Tourism Expo _( IWHTE) 2022, pada 9 – 13 Maret 2022, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, dalam upaya mendorong pengembangan wisata kebugaran dan kesehatan di tanah air.

Indonesia Wellness and Health Tourism Expo_( IWHTE) 2022 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (PERKEDWI) yang merupakan bagian dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang bekerja sama dengan RajaMICE.

Wisata Kesehatan Menjadi salah satu Daya Tarik Unggulan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya, Senin Maret 2022, menjelaskan wisata kesehatan menjadi salah satu daya tarik unggulan wisatawan di sejumlah negara.

Baca juga:Masyarakat Hutamonu Aspirasikan Peningkatan Akses Jalan Tani ke Wahyudin Moridu

Baca juga:Tempe atau Tahu: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Anda?

Advertisement

Sehingga, Kemenparekraf dan Kementerian Kesehatan telah membuat nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dalam rangka pengembangan wisata kesehatan.

“Dalam memperkuat dan mendorong wisata kesehatan dan kebugaran Indonesia, kami mendukung kehadiran event Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022. Kami, mengucapkan selamat dan sukses atas inisiatif penyelenggaraan kegiatan Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022 di Mall Kota Kasablanka,” ujar Sandiaga dilansir dari laman kemenparekraf.

Event Diharapkan Membangkitkan Ekonomi 

Lebih lanjut, Sandiaga mengharapkan event Indonesia Wellness & Health Tourism Expo ( IWHTE) 2022 ini bisa menjadi sarana membangkitkan ekonomi dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap pelayanan kesehatan di tanah air.

“Diharapkan juga, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan di Indonesia tanpa harus ke luar negeri,” ujar Sandiaga.

Baca juga:Doa Memohon Terhindar dari Cobaan Berat

Sementara itu, Ketua umum PP Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (PERKEDWI), dr. Mukti E. Rahadian, MARS, MPH, dalam acara Press Conference IWHTE 2022, menjelaskan bahwa kegiatan pameran ini merupakan salah satu platform dari PERKEDWI dari beberapa platform yang nantinya akan dipergunakan untuk melakukan branding dan promosi bagi rekan-rekan yang memiliki layanan unggulan di dalam ekosistem health tourism.

“Fasilitas kesehatan yang hadiri di sini sudah kita pilih memenuhi ekspektasi pasar di Indonesia. Nanti ada 20 peserta di Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022. Yang nantinya, 15 diantaranya adalah dari rumah sakit, 15 rumah sakit ini mewakili 150 rumah sakit di Indonesia dengan keunggulan-keunggulan masing-masing,” ujar Mukti.

Mukti juga menyampaikan bahwa layanan kesehatan di destinasi wisata akan terus ditingkatkan untuk mendukung pengembangan wisata kesehatan dan kebugaran di Indonesia.

“Kami juga sedang mempersiapkan pelayanan kesehatan di destinasi wisata, jadi melalui platform digital, sehingga wisatawan yang ada di destinasi wisata pelosok, bisa melakukan konsultasi jika terjadi sesuatu pada kesehatannya,” ujar Mukti.

Baca juga:Konsorsium Boalemo dan Konsep Master Plan Technopark Perikanan di Kabupaten Boalemo

CEO RajaMICE/CCO (Chief Community Officer) Tepanas, Panca Rudolf Sarungu, menambahkan bahwa dalam pameran tersebut, nantinya produk layanan unggulan setiap rumah sakit dipaketkan dengan hotel yang terdekat dari masing-masing rumah sakit.

Dan produk layanan unggulan tidak hanya ditawarkan saat pameran berlangsung saja, tetapi juga akan ditawarkan ke seluruh Indonesia melalui asosiasi seperti Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies ( ASITA), Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (ASTINDO), dan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), serta Travel Agent yang sudah bekerja sama. Untuk kemudahan transaksi Bank BCA memberikan kemudahan cicilan 0% selama pameran.

“Selain menawarkan produk layanan unggulan dari peserta, event ini juga menampilkan talkshow dari masing-masing peserta sebagai wadah edukasi kepada masyarakat terkait wellness & health,” ujar Panca.

Sumber: kemenparekraf
Advertisement

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini