30 C
Jakarta
Rabu, Juli 24, 2024

Buy now

Makanan yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat, Ini Penjelasan dr Saddam Ismail

HIMPUN.ID – Makanan yang bisa meningkatkan daya ingat merupakan makanan yang sangat penting dikonsumsi.

Sebab, dengan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya ingat, akan membuat seseorang tidak menjadi pelupa.

Seberapa penting mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya ingat, tergantung kepada kita masing-masing.

Karena sebagus apapun makanan, meski makanan tersebut dapat meningkatkan daya ingat, kalau tidak disukai oleh seseorang untuk dikonsumsi, maka tidak akan berguna bagi dirinya.

Lebih bijaknya, mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya ingat, harus sesuai anjuran atau penjelasan dokter.

Nah, untuk itu, kali ini himpun.id menyuguhkan penjelasan dr. Saddam Ismail, terkait dengan makanan yang bisa meningkatkan daya ingat, dikutip dari video yang diunggah di kanal YouTube Saddam Ismail, 21 Februari 2022.

Baca juga:Menparekraf Dorong Sektor Ekraf Jadi Lokomotif Kebangkitan Ekonomi di Jembrana Bali

Dijelaskan dr. Saddam Ismail, makanan yang baik untuk otak, meningkatkan memori, dan daya ingat itu adalah, makanan yang bisa membantu memperlancar peredaran darah menuju otak, dan juga kaya akan antioksidan.

Neuron pada otak itu sangat rentan terhadap oksidasi radikal bebas. Jadi dengan mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan, bisa melindungi bagian otak teman-teman dari radikal bebas,” terang dr. Saddam Ismail.

Sehingga kata dr. Saddam Ismail, penting untuk mencukupi kebutuhan antioksidan, ataupun makan makanan kaya akan antioksidan.

Supaya bisa melindungi bagian otak teman-teman dari serangan radikal bebas. Termasuk bagian otak yang bernama hippocampus, yang ini adalah kunci penting terhadap daya ingat, memori,” jelas dr. Saddam Ismail.

Berikut makanan yang bisa meningkatkan daya ingat, agar tidak gampang lupa dan tidak cepat pikun, seperti yang dijelaskan dr. Saddam Ismail :

Baca juga:Dukungan Terus Mengalir Untuk Jadikan HB Jassin Pahlawan Nasional, Hamim: Kami Sepenuhnya

1. Telur

Telur sangat bagus sekali untuk kesehatan termasuk kesehatan otak.

Telur mengandung kolin, kolin ini berfungsi agar sel otak bisa berfungsi dengan baik.

“Apalagi misalkan, ibu sedang hamil, mengandung anak, ini bisa membantu perkembangan otak bayi di dalam kandungan,” ungkap dr. Saddam Ismail.

Begitu juga dengan perkembangan hippocampus yang merupakan kunci dari daya ingat.”

Dikatakan dr. Saddam Ismail., kuning telur juga mengandung vitamin B12.

Jadi vitamin B12 ini sangat bagus untuk menurunkan homosistein. Jadi ini homosistein ini bersifat racun ya untuk otak,” ungkap dr. Saddam Ismail.

2. Oatmeal

Selanjtunya, kedua oatmeal, kandungan oatmeal ini kaya akan serat, juga protein,

Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan serat ini, bisa membuat kadar gula itu lebih stabil, lebih normal. Ya enggak naik mendadak, turun mendadak, karena otak kita itu perlu gula untuk energi. Ketika gula yang terdapat pada tubuh kita, kemudian gula yang akan dikirimkan ke otak sebagai energi lebih stabil, itu akan membuat daya ingat jauh lebih baik,” papar dr. Saddam Ismail.

Baca juga:Pengajar Muda Hadir di Boalemo, Irwan Yakin Berdampak Pada Percepatan Mutu Pendidikan

3. Kunyit

Kunyit ini kaya akan antioksidan yang mengandung kurkumin.

Ini bagus untuk yang meningkatkan daya ingat, kemudian juga ini mencegah terjadinya peradangan, dan melindungi otak temen-temen dari radikal bebas,” jelas dr. Saddam Ismail.

4. Sayur

dr. Saddam Ismail Menuturkan, sayur itu bermanfaat untuk tubuh, bermanfaat juga untuk kesehatan otak, begitu juga dengan daya ingat.

Karena sayur-sayuran itu mengandung antioksidan, vitamin, mineral, yang jelas-jelas diperlukan tubuh dan juga otak kita,” kata dr. Saddam Ismail.

Jadi ketika temen-temen ingin meningkatkan daya ingat, konsumsi sayur-sayuran, seperti kol, brokoli, ataupun jenis sayuran hijau lainnya.”

5. Buah Berry

Golongan buah Berry ini kaya akan antioksidan, mulai dari blueberry, raspberry, blackBerry.

“Buah-buahan tersebut mengandung flavanoid, antosianin, dan kandungan antioksidan lainnya. Jadi antioksidan tadi penting untuk melindungi otak dan juga meningkatkan daya ingat.”

6. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 ini, sangat penting untuk meningkatkan daya ingat.

Ada hubungannya tentang daya ingat otak. Mungkin teman-teman sering melihat iklan susu untuk anak-anak, untuk ibu hamil, itu mengandung DHA.”

Baca juga:Masuk Usia 30 Tahun, Wika Salim Akui Belum Dapat Jodoh

Jadi memang DHA ini, ada kaitannya dengan daya ingat. DHA ini dapat membantu ingatan. Ketika teman-teman mencukupi kebutuhan DHA ini, daya ingat akan lebih baik.”

“Nah teman-teman bisa mengkonsumsi ikan sarden, tuna, salmon, ataupun misalkan teman-teman jarang mengkonsumsi makanan tadi, ya teman-teman bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung omega-3,” ungkap dr. Saddam Ismail.

7. Walnut

Walnut ini bagus untuk kesehatan otak,walnut bagus untuk meningkatkan daya ingat.

ya mungkin orang tahunya kalau ini bagus untuk kesehatan jantung saja. Tetapi teman-teman walnut bisa menjadi salah satu jenis, atau pun pilihan makanan untuk membantu meningkatkan daya ingat,” kata dr. Saddam Ismail.

Ditegaskan dr. Saddam Ismail, yang perlu menjadi catatan, bukan berarti teman-teman setelah mengkonsumsi makanan tersebut, dalam waktu satu-dua hari ingatan langsung tajam seperti ‘silet’.

Baca juga:Masuk Usia 30 Tahun, Wika Salim Akui Belum Dapat Jodoh

enggak ya, ingatan teman-teman ya ketika mengkonsumsi makanan-makanan tersebut itu akan terjaga kesehatannya, dia enggak gampang lupa, enggak gampang pikun, kemudian juga tentu bagus untuk kesehatan otak. Nah ini baik untuk jangka panjangnya,” tutup dr. Saddam Ismail.

Sumber: YouTube/Saddam Ismail
Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia