30.1 C
Jakarta
Minggu, April 14, 2024

Buy now

Puskesmas Mananggu Lakukan Pemicuan STBM di Lima Desa

HIMPUN.ID – Puskesmas Mananggu melakukan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Lima Desa di Kecamatan Mananggu, Boalemo, Jumat 27 Oktober 2023.

Pemicuan STBM yang dilakukan bertujuan untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

PJ Sanitasi, Lindawati Abuna, SKM., mengatakan, Pemicuan merupakan cara mendorong perubahan perilaku higiene sanitasi individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan pola pikir, perilaku, dan kebiasaan individu atau masyarakat.

“Dengan dilakukannya pemicuan dapat mendorong perubahan perilaku Hygiene dan sanitasi masyarakat dengan menyentuh pola pikir dan kebiasaan masyarakat yang buang air besar sembarangan menjadi stop BABS,” jelasnya.

Harapan Lindawati

Lindawati berharap, dengan adanya kegiatan Pemicuan STBM tersebut, dapat menjadikan desa bebas buang air besar sembarangan.

“Semoga dengan Kegiatan Pemicuan STBM ini dapat menjadikan Desa bebas buang air besar sembarangan di Wilayah Kerja Puskesmas Mananggu,” tandasnya.

Advertisement
Reporter: Abdurrahman Agunta
Advertisement

Advertisement