27.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Verfak Dimulai, KPU Boalemo Pastikan Data Pendukung Bapaslon Perseorangan Valid

HIMPUN.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boalemo melakukan monitoring verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon perseorangan di tiga Desa yang berada di Kecamatan Paguyaman Pantai.

Monitoring verfak berlangsung di Desa Bubaa, Desa Lito, dan Desa Apitalawu, Kecamatan Paguyaman Pantai, Minggu 23 Juni 2024.

Anggota KPU Boalemo, Meks Lagibu mengatakan, tujuan dari monitoring, memastikan semua tahapan verifikasi faktual dijalankan dengan benar, transparan, dan memastikan setiap tahapan verifikasi berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta mengidentifikasi dan mengatasi kendala yang mungkin muncul selama proses verifikasi.

Meks Lagibu juga memastikan, data pendukung yang diserahkan oleh Bapaslon perseorangan valid dan sesuai dengan data yang ada.

“Hasil Verifikasi Faktual ini akan menjadi salah satu acuan bagi KPU Kabupaten Boalemo untuk menentukan apakah Bapaslon perseorangan tersebut memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Boalemo Tahun 2024 atau tidak,” kata meks.

KPU Boalemo Periksa 7 Aspek Penting Bagi Verifikator

Dalam monitoring tersebut, KPU Kabupaten Boalemo memeriksa 7 aspek penting bagi verifikator diantaranya :

1. Penggunaan ID Card oleh verifikator.
2. Kelengkapan alat kerja verifikator.
3. Prosedur penyampaian maksud kedatangan verifikator kepada pendukung.
4. Permintaan identitas kependudukan dari pendukung.
5. Dokumentasi proses verifikasi oleh verifikator.
6. Penyusunan rekap progres harian oleh verifikator.
7. Penyerahan Lembar Kerja harian ke PPK oleh desa.

Meks Lagibu menambahkan, meskipun beberapa kendala cuaca sempat menghambat, semua tahapan verifikasi faktual sudah berjalan sesuai rencana.

“Verifikasi faktual sudah jalan sesuai dengan tahapan yang ada,” tambahnya.

Meks juga mengingatkan agar Panitia Pemungutan Suara (PPS) selalu menjaga kesehatan, mengingat tahapan Pilkada dan PSU sangat padat.

“Dengan komitmen ini, KPU Boalemo berupaya memastikan bahwa proses verifikasi dukungan Bapaslon perseorangan berjalan lancar dan akurat, menjaga integritas dan transparansi pemilu di Kabupaten Boalemo,” pungkasnya.

Reporter: Abdurrahman Agunta