27.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Gelar Musrembang 2021, BPD Bubode Usulkan Dua Rencana Pembangunan Prioritas

HIMPUN.ID – Badan Permusyahwaratan Desa (BPD) Bubode, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Desa Bubode Tahun 2021, di Aula Kantor Desa Bubode, Selasa (16/02/2021).

Musrembang Desa yang sukses dilaksanakan dengan dihadiri Kepala Desa Bubode Ronald Adam, dan sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Gorontalo Utara, seperti Dinas Pemberdayaan Desa, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), serta dari unsur Polsek Kwandang.

Ketua BPD Desa Bubode, Yuyun Noyingo, kepada Himpun.id usai acara itu mengatakan, Musrembang yang pelaksanaannya dipimpin langsung olehnya itu, menghasilkan usulan-usulan prioritas yang telah disepakati bersama, dengan unsur kapasitas teknis desa lainnya.

“Alhamdulillah, Musrembang kali ini telah terlaksana dengan baik. Hasilnya, ada beberapa item prioritas rencana pembangunan yang telah kami sepakati bersama, dan telah kami usulkan ke Pemerintah Daerah melalui Pemerintah Kecamatan. Dalam hal ini pula, kami membentuk tim khusus, untuk mengawal usulan tersebut,” kata Yuyun.

Usulan Prioritas

Beberapa usulan prioritas tersebut ungkap Yuyun, salah satunya adalah perbaikan jalan di Dusun Ginta, yang memang pada tahun sebelumnya telah diusulkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Namun, hingga hingga kini belum terakomodir.

“Olehnya, kami mengusulkan kembali rencana untuk perbaikan jalan itu. Sebab jalan di Dusun Ginta itu, kondisinya saat ini telah rusak parah, sementara jalan tersebut sangat dibutuhkan oleh 89 Kepala Keluarga yang berprofesi petani, untuk menunjang proses pengangkutan hasil pertanian mereka, apalagi pada masa pemulihan ekonomi masyarakat, pasca dilanda Pandemi Covid-19,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua BPD Desa Bubode, Ikbal Ntobuo, kepada Himpun.id menjelaskan. Selain jalan di Dusun Ginta, pembangunan jembatan di Dusun Mohulo, turut menjadi salah satu usulan prioritas mereka, yang telah diusulkan kembali ke Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara.

“Ini dikarenakan, jembatan yang ada di Dusun Mohulo, Desa Bubode tersebut, menjadi salah satu akses penghubung masyarakat dari Dusun Mohulo, ke Dusun Datahu. Dilihat dari kondisi jembatan tersebut, sudah tidak layak dilewati oleh kendaraan beroda empat. Buktinya pada beberapa bulan lalu, sempat salah satu mobil truk jatuh dan terbalik di jembatan itu,” tandasnya. (MYP/HP)

Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia