25.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

PJ Sekda Boalemo Buka Persiapan Penilaian Asesmen Geopark

HIMPUN.ID – Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Rahmat Biya, membuka rapat persiapan pelaksanaan penilaian Asesmen geopark oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI di Kabupaten Boalemo, Jumat 14 Juni 2024.

Rapat tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD Lahmudin Hambali, Kepala Bapppeda Boalema, Srijun Tasman Dangkua, Ketua tim Asesmen Geopark Provinsi Gorontalo, para Camat, Perwakilan OPD dan Kepala Desa.

PJ Sekda Boalemo, Rahmat Biya menyampaikan, geopark sudah ditinjau oleh Sekjen UNESCO pada tahun 2023 lalu.

“di mana waktu itu, Sekjen UNESCO telah mengunjungi beberapa lokasi geopark yang ada di Kabupaten Boalemo. Dalam peninjauan tersebut terinformasi bahwa Boalemo memiliki salah satu bebatuan tertua, sehingga Sekjen UNESCO langsung meninjau lokasi geopark yang ada di Boalemo,” kata PJ Sekda.

Berikut Lokasi Yang Dikunjungi UNESCO

Rahmat mengatakan, Geopark yang dikunjungi Sekjen UNESCO saat itu, lokasinya ada di Desa Saripi Kecamatan Paguyaman, Desa Lahumbo Kecamatan Tilamuta dan Desa Bolihutuo Kecamatan Botumoito.

“Setelah peninjauan Sekjen UNESCO, mereka tim dari unesco kembali melakukan kajian penelitian asesmen geopark yang sudah di survei,” ungkapnya.

Rahmat menambahkan, kabupaten Boalemo diminta agar mempersiapkan penilaian asesmen geopark yang dilaksanakan oleh Kementerian.

“Alhamdulillah Kabupaten Boalemo diminta untuk mempersiapkan penilaian asesmen geopark yang dilaksanakan oleh Kementerian energi dan sumber daya mineral,” ujarnya.

“Saya berharap kepala Bappeda dapat mempersiapkan lokasi-lokasi yang menjadi tempat kunjungan tim Asesmen nanti,” harapnya. (Rls/Abdurrahman Agunta)