23.5 C
Jakarta
Minggu, Juni 16, 2024

Buy now

Puskesmas Paguyaman Pantai Laksanakan kick off intervensi Serentak Pencegahan Stunting

HIMPUN.ID – Puskesmas Paguyaman Pantai menggelar kick off intervensi serentak pencegahan stunting, bertempat di Posyandu Mawar Desa Limbatihu Kecamatan Paguyaman Pantai, Senin 3 Juni 2024.

Hal itu dilakukan, sebagai upaya penurunan angka prevalensi stunting, dengan melakukan langkah penting seperti pemeriksaan pada ibu hamil, balita, remaja putri, dan calon pengantin khususnya yang di wilayah kerja Puskesmas Paguyaman Pantai.

Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr. Zubaidah Ali Rauf menjelaskan, tujuan intervensi ini adalah untuk meningkatkan dukungan, koordinasi dan kerja sama pemerintah Kabupaten yang pelaksanaannya terkhusus melalui pemerintah Desa, Puskesmas dan para pemangku kepentingan terkait.

Sasaran Gerakan

Selain itu, lanjut Kapus Zubaidah, Sasaran gerakan intervensi serentak pencegahan stunting adalah Calon Pengantin (Catin), Ibu Hamil (Bumil), bayi/balita.

“Kegiatannya berupa, pemeriksaan kesehatan dan pemberian TTD bagi remaja putri, pelayanan calon pengantin dan ibu hamil, serta penimbangan, deteksi tumbuh kembang dan imunisasi pada bayi balita,” ujarnya.

Baca juga:KPU Boalemo Bersama Media Massa Komitmen Sukseskan Pilkada 2024

Selain pelayanan kepada catin, bumil, bayi/balita, pemerintah desa dan TP PKK Desa Limbatihu juga memberikan reward pada orang tua bayi yang lulus asi eksklusif.

“Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian reward kepada orang tua bayi yang lulus ASI eksklusif,” terangnya,”

Terakhir, Kapus Zubaidah memastikan, dalam intervensi serentak pencegahan stunting dilakukan pendataan seluruh calon pengantin, ibu hamil dan balita yang ada di wilayah kerjanya untuk menjadi sasaran.

“Memastikan calon pengantin, yang belum didata, ibu hamil dan balita hadir di Posyandu, dan juga memastikan seluruh kader Posyandu memiliki keterampilan dalam penimbangan dan pengukuran serta memberikan edukasi kepada catin, ibu hamil dan balita,” tandasnya.

Diketahui, pencanangan gerakan intervensi serentak pencegahan stunting dibuka langsung oleh sekretaris camat Paguyaman Pantai dan dihadiri oleh ketua TP PKK kecamatan, kepala balai penyuluh KB, serta seluruh kepala Desa se-kecamatan Paguyaman Pantai.