25.6 C
Jakarta
Sabtu, April 13, 2024

Buy now

Boalemo Diduga Jadi Target Pengoperasian PETI

HIMPUN.ID – Akhir-akhir ini, masyarakat Boalemo dihebohkan dengan adanya pembukaan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), yang disinyalir secara diam-diam di wilayah Kecamatan Mananggu.

Belum diketahui pasti, siapa pemilik alat yang mencoba membuka akses jalan untuk pengoperasian penambangan emas.

Hal itu menandakan Boalemo diduga menjadi target Pengoperasian Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

Seperti diberitakan sebelumnya, sudah ada 1 alat berat eskavator yang mulai beroperasi membuka jalan untuk pengoperasian PETI di Wilayah Mananggu.

Bahkan terinfromasi akan ada alat berat yang masuk secara besar-besaran pada Januari 2024, terkait pengoperasian PETI di Boalemo.

Tanggapan Kapolres Boalemo

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Boalemo, AKBP. Sigit Rahayudi S.I.K., mengatakan, terkait dengan pertambangan di Boalemo, dirinya pastinya akan mendukung penertiban berkaitan dengan pertambangan.

Advertisement

“Apa yang dilakukan oleh bapak Kapolres sebelumnya itu menjadikan contoh saya juga. Untuk tidak mendukung yang namanya pertambangan ilegal,” kata Kapolres Sigit, saat di wawancarai para awak media, Kamis 4 Januari 2024.

Disentil soal 1 alat yang mencoba membuka akses jalan untuk pengoperasian PETI, Kapolres Boalemo akan melakukan pengecekan langsung di lapangan.

“Nanti akan kami cek, karena kalau baru mendengar suara kabar angin hanya berdasarkan katanya, ini bisa benar atau tidak benar, kita akan cek fakta-fakta di lapangan itu seperti apa,” ujarnya.

Sigit menegaskan, jika ada pertambangan ilegal yang merusak, akan ditindak lanjuti sesegera mungkin.

“Kalau memang ditemukan adanya pertambangan ilegal yang beraktifitas akan kami tindak tegas,” tandasnya.

Reporter: Abdurrahman Agunta
Advertisement

Advertisement