27.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Guna Melestarikan Lingkungan, Sekda Ridwan Belajar di Kabupaten Gorontalo

HIMPUN.ID –  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin, terus melakukan upaya-upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, agar dapat meminimalisir dampak kerusakan lingkungan, seperti bencana alam banjir, dan longsor.

Diam-diam, Panglima Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dijuluki Sekda milenial ini, belajar dari Kabupaten Gorontalo, terkait kegiatan aksi peduli lingkungan yang sering digalakkan oleh Komunitas Kambungu Beresi.

Menurutnya, saat disambangi awak media, usai melakukan penanaman pohon bersama Komunitas Kambungu Beresi di Kelurahan Kayu Bulan, Minggu (28/03/2021), kegiatan peduli lingkungan yang sering dilaksanakan oleh Komunitas Kambungu Beresi di Kabupaten Gorontalo, merupakan ide brilian dari Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, yang juga sebagai Doktor lingkungan.

“Kegiatan ini salah satu upaya untuk melestarikan lingkungan, melalui penanaman pohon di areal yang tandus atau gersang. Penyebab banjir dan tanah longsor tidak lain akibat kerusakan lingkungan, sehingga untuk mengatasinya perlu dilakukan pelestarian lingkungan. Disamping itu, melakukan pembangunan fisik yang terencana secara matang, sehingga anggarannya akan fokus pada peruntukkannya,” tuturnya.

Pandangan Sekda Ridwan Terkait Studi Banding

Dijelaskannya, beberapa waktu yang lalu, di Kabupaten Gorontalo Utara sendiri, aksi peduli lingkungan telah dimulai dari Kecamatan Monano, bekerjasama dengan BNN Kabupaten Gorontalo Utara, Komunitas MFGU, Pemerintah setempat, serta Pemerhati lingkungan Komunitas Kambungu Beresi yang merupakan hasil bentukan serta ide dari Bupati Gorontalo, Nelson  Pomalingo.

“Untuk membangun suatu daerah, tidak perlu jauh-jauh studi banding, karena hanya akan menguras anggaran kita. Jika di daerah terdekat kita telah ada yang berhasil, maka selayaknya kita mengikutinya dan kita sesuaikan dengan kearifan lokal kita. Pada hari Jumat (26/03/2021) yang lalu, kami melakukan kegiatan di Desa Molinggapoto Selatan. Maka pada hari ini Minggu (28/03/2021), kami melakukan kegiatan yang sama di Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo,” tutupnya.

Sementara itu, Panglima Kambungu Beresi Sugandi Hamzah menambahkan, pekan depan aksi peduli lingkungan oleh Komunitas Kambungu Beresi, akan kembali dilaksanakan di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara, dengan menyasar titik-titik strategis yang membutuhkan pelestarian lingkungan.

“Sesuai agenda kami minggu depan, kami akan kembali ke Gorut dan setelah itu akan bergilir dikabupaten kota lain di Provinsi Gorontalo. Bravo Sekda Gorut Ridwan Yasin, yang terus berbuat untuk rakyat melalui berbagai kegiatan pemerintahan dan kemasyrakatan. Salam dari Kambungu beresi, lingkungan bersih, sehat dan lestari mari kita wujudkan bersama,” pungkasnya. (MYP)

Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia