26.2 C
Jakarta
Selasa, Juni 25, 2024

Buy now

Hari Posyandu Nasional, Kapus Zubaidah: Posyandu Tangan Panjang Pemerintah Memberikan Pelayanan Kesehatan

HIMPUN.ID – Tanggal 29 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Posyandu Nasional. Posyandu menjadi salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).

Posyandu merupakan garda terdepan sebagai wadah pelayanan kesehatan di tengah masyarakat.

Seperti biasanya, Puskesmas Paguyaman Pantai tengah melakukan Posyandu di Desa Bubaa, kecamatan Paguyaman Pantai, kabupaten Boalemo, Gorontalo, Senin 29 April 2024.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai, dr. Zubaidah Ali Rauf mengucapakan selamat hari posyandu nasional.

“Selamat hari posyandu nasional, bangsa yang kuat adalah bangsa yang sehat,” ucapnya.

Baca juga:Puskesmas Anggrek dan ‘Kantor Itu’, Serupa Tapi Tak Sama

Dijelaskan Kapus Zubaidah, Posyandu sebagai pos pelayanan kesehatan masyarakat yang menjadi fasilitas di mana orang tua bisa mendapatkan imunisasi untuk anaknya.

“Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) memberikan pelayanan kesehatan kepada balita, pemantauan tumbuh kembang, pemberian imunisasi dan asupan obat-obatan dan gizi yang baik kepada balita,” jelasnya.

Kapus Zubaidah menerangkan, Posyandu telah menjadi tangan panjang terjauh dari Pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Keberadaan Posyandu memberikan kemudahan memperoleh pelayanan kesehatan masyarakat,” terangnya.

Partisipasi Masyarakat Penting

Kapus Zubaidah menambahkan, partisipasi masyarakat dalam mendukung terlaksananya Posyandu sangat penting, karena tanpa keikutsertaan mereka ke Posyandu maka program ini tidak akan dapat berjalan dengan baik.

“Dengan keaktifan mereka (masyarakat) untuk datang dan memanfaatkan pelayanan kesehatan di posyandu dapat mencegah dan mendeteksi sedini mungkin gangguan dan hambatan pertumbuhan pada bayi dan balita,” tambahnya.

“Pelaksanaan dan pembinaannya menjadi tanggung jawab bersama lintas sektor di setiap jenjang, utamanya dalam mendukung upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak,” tutup Kapus Zubaidah.

Reporter: Abdurrahman Agunta