26.2 C
Jakarta
Selasa, Juni 25, 2024

Buy now

Idul Fitri Jatuh Pada Hari Rabu Besok

HIMPUN.ID – Pelaksanaan Idul Fitri 1445 Hijriah, jatuh pada hari Rabu besok, tanggal 10 April 2024.

Hal itu, ditentukan pemerintah Boalemo melalui sidang isbat adat Tonggeyamo di rumah dinas jabatan bupati, Selasa malam, 9 April 2024.

“Alhamdulillah dalam pelaksanaan Tonggeyamo tahun ini, kita serentak untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri yang jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024,” kata Penjabat Bupati Boalemo Sherman Moridu.

Sidang adat tersebut dihadiri Ketua DPRD Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho, Penjabat Sekretaris Daerah Supandra Nur, Ketua lembaga adat Boalemo Hisyam Tambiyo, Ketua Tp.PKK Boalemo Dr. Heldy Vanny Alam, Plt.Kepala Kementerian Agama Boalemo Rais Abaidata, Ketua MUI Boalemo Luqmanul Hakim,Lc, Staf Ahli Bupati, para asisten dan pimpinan OPD serta perangkat adat.

Penjabup Sherman, menyampaikan, Tonggeyamo ini menjadi tradisi leluhur Gorontalo sejak dulu yang di gunakan sebagai bertemunya para tokoh agama, tokoh masyarakat dan Pemerintah untuk menentukan baik 1 Ramadhan maupun 1 Syawal.

“Waktu itu belum menggunakan perhitungan sebagaimana yang dilakukan Pemerintah,” ucapnya.

Sherman menambahkan, seiring dengan waktu, adat Gorontalo menyesuaikan dengan keputusan Pemerintah.

“Setelah diadakannya perhitungan hisab maupun rukyat,
Maka adat Tonggeyamo ini harus kita lestarikan sekaligus dapat di isi dengan beberapa pesan yang terkait pelaksanaan adat Gorontalo,” tambahnya.

Sherman berharap kepada seluruh pimpinan OPD dan Pemangku adat agar dalam pelaksanaan idul Fitri 1445 Hijriah, dapat di lengkapi, karena pelaksanaan handalo ulipu harus diwarnai oleh 3 serangkai adat.