27.2 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Buy now

Kumpulan Hadits tentang Puasa dan Keutamaanya 

HIMPUN.ID – Puasa salah satu rukun Islam berupa ibadah menahan diri atau berpantang makan, minum, dan segala yang membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenam matahari.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan berpuasa.

Selain mampu menyehatkan tubuh, dengan berpuasa bisa menenangkan hati.

Hadits tentang Puasa

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda,

“Berpuasalah kalian niscaya kalian akan sehat.” (H.R Ibnu as-Sunni dan Abu Nu’aim).

“Sesungguhnya di dalam Surga itu terdapat sebuah pintu yang disebut ar-Rayyan, orang-orang yang berpuasa masuk (ke dalam surga) pada hari kiamat melalui pintu itu dan tidak ada seorangpun selain mereka yang masuk melalui pintu tersebut. Ditanyakan, ‘Dimanakah orang-orang berpuasa?’ Kemudian mereka berdiri dan masuk melaluinya tanpa seorang pun selain mereka. Jika oran-orang berpuasa telah masuk, pintu tersebut ditutup sehingga tidak ada seorang pun selain mereka yang bisa masuk melaluinya.” (H.R al-Bukhari, no 1896; Muslim, no 1152).

Baca juga:Puasa dan Keutamaannya, Surah Al-Baqarah Ayat 183

Baca juga:Fadlina Harap Semua Pihak Bekerja Sama Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an

“Puasa adalah perisai dari neraka sebagaimana perisai salah seorang diantara kalian untuk berperang.” (H.R Ahmad, no. 15844 dan lain-lain)

“Barang siapa yang berpuasa satu hari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka disebabkan (puasa) hari itu sejauh (perjalanan) tujuh puluh tahun.” (H.R al-Bukhari, no 2840; Muslim, no 1153)

“Sesungguhnya orang yang berpuasa itu mempunyai doa yang tidak ditolak pada saat ia berbuka.” (H.R Ibnu Majah 1753 dan al-Hakim). (HP1)

Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia