32.1 C
Jakarta
Selasa, Juli 16, 2024

Buy now

Peringati Hari Kartini, Ketua PKB Gorut Bagi-Bagi Takjil

HIMPUN.ID – Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gorontalo Utara, Novarolina Uno, bagi-bagi paket buka puasa (Takjil), di depan Sekretariat DPC PKB Gorontalo Utara, Desa Titidu, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Minggu (25/04/2021).

Aksi bagi-bagi puluhan takjil kepada para pengguna jalan itu, dalam rangka memperingati Hari Juang Kartini Tahun 2021, dan turut melibatkan Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Kabupaten Gorontalo Utara, serta didukung oleh Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, dan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Provinsi Gorontalo, Nihayatul Wafiroh.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gorontalo Utara, Novarolina Uno menerangkan, Tokoh Pahlawan perempuan Raden Ajeng Kartini, telah mengantarkan kaum perempuan pada kesetaraan hak, dalam berbagai aspek kehidupan dengan kaum pria.

“Perjuangan Raden Ajeng Kartini, atau biasa kita kenal dengan RA. Kartini, untuk para perempuan di Indonesia, sangatlah luar biasa. Dimana melalui pemikiran-pemikirannya yang juga dituangkannya dalam beberapa karya tulisannya, perempuan di Indonesia telah memiliki kedudukan yang sejajar dengan kaum pria,” jelas Politisi muda yang akrab disapa Nova itu.

Nova mengungkapkan, peran dari RA. Kartini terhadap perempuan di Indonesia, tidak hanya melalui pemikiran dan tulisannya, akan tetapi dalam berkarya nyata seperti membangun sekolah khusus perempuan di zaman perjuangannya, sehingga perempuan yang tidak dari golongan bangsawan dapat turut mengenyam pendidikan.

“Berangkat dari hal inilah, kita perempuan di Indonesia menikmati emansipasi wanita yang dulu diperjuangkan oleh RA. Kartini, dan ini merupakan anugerah besar dari Tuhan melalui tangan RA. Kartini, yang patut kita hargai dan kita pertahankan, sehingga tak ada lagi yang dapat merendahkan kedudukan perempuan,” ungkapnya.

Bagi-bagi Takjil Diilakukan Bersama IPNU Gorontalo Utara

Diterangkannya, terkait dengan kegiatan bagi-bagi takzil yang dilakukannya bersama IPNU Gorontalo Utara itu, merupakan ungkapan rasa syukurnya terhadap Tuhan yang telah mengirimkan salah satu tokoh perempuan seperti RA. Kartini.

“Dibulan suci Ramadhan yang penuh ampunan dan maghfirah ini, kita kaum perempuan mempunyai peran penting, selain berperan di dalam rumah. Dimana, kita sebagai perempuan dapat juga turut serta berperan dalam aksi sosial diluar rumah, seperti berbagi kebersamaan, yang dulu sebelum ada emansipasi wanita, hanya dilakukan oleh para kaum pria,” terangnya.

Ia berharap, kegiatan sosial seperti ini akan dilaksanakannya kembali, dengan melibatkan seluruh Badan Otonom (Banom) Nahdatul Ulama (NU) lainnya, serta jajaran DPC PKB Gorontalo Utara.

“Kegiatan di sore hari ini juga, adalah instruksi langsung Ketua Umum PKB, kepada semua DPW dan DPC PKB di seluruh Indonesia. Kedepannya saya berharap, PKB akan melakukan lagi kegiatan sosial kemasyarakatan, yang turut bekerjasama dengan Banom NU lainnya, sehingga kedepannya peran dari PKB di Gorontalo Utara dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya umat muslim di Gorontalo Utara,” harapnya.

Ditambahkannya, perempuan khususnya di Kabupaten Gorontalo Utara tidak boleh kalah berperan dengan kaum pria, sebab daerah yang termuda di Provinsi Gorontalo itupun, membutuhkan ide dan gagasan dari tokoh-tokoh perempuan di daerah itu.

“Saya mengajak seluruh perempuan yang ada di Gorontalo Utara, untuk tetap menjaga kehormatan sebagai perempuan, dan jangan berhenti memberikan kontribusi ide dan gagasan untuk membangun masyarakat dan daerah Gorontalo Utara yang tercinta ini. Karena perempuan, adalah tiang negara,”tandasnya. (MYP/HP)

Redaksi
Redaksi
Tajam Melihat Dunia